Wabub Pasaman Jadi Narasumber GTTGN di Lampung

More articles

spot_img

Lubuak Sikaping, Investigasi.news – Wakil Bupati Pasaman, Sabar AS didaulat menjadi narasumber dalam rangka Gelar Teknologi Tepat Guna Nusantara (GTTGN) tingkat Nasional ke-XXIV di PKOR Way Halim, Bandar Lampung, Rabu (7/6) kemaren.

Kepada reportaseinvestigasi.com. Sabar menyampaikan, Thema yang dipaparkannya tentang Pengembangan Daya Saing Nagari Berbasis Teknologi Tepat Guna di Pasaman.

Menurut Wabul Pasaman Sabar AS saat itu ia menyampaikan materi dengan judul “Peranan Pemerintah Daerah Pengembangan Daya Saing Nagari Berbasis Teknologi Tepat Guna di Kabupaten Pasaman.”

Lebih jauh Sabar AS mengatakan bahwa pengelolaan sumber daya alam nagari melalui penerapan teknologi tepat guna adalah untuk bun meningkatkan pendapatan masyarakat, membuka lapangan kerja, meningkatkan derajat kesehatan masyarakat.

Di sisi lain program ini juga dapat meningkatkan pendapatan pemerintah dan meningkatkan nilai tambah produk.

Di Pasaman, tambah Sabar, terdapat beberapa penerapan teknologi tepat guna yang sudah ada di Pasaman diantaranya Oven pengering serbaguna berbahan bakar oli bekas, kemudian alat pengikis kulit ari tebu, serta Batu bata dari sampah plastik.

Sabar AS juga menjelaskan, bahwa keberadaan teknologi tepat guna (TTG) oven pengering serba guna ini sangat memberikan manfaat kepada masyarakat Pasaman.

“Potensi perkebunan dan pertanian yang besar di Pasaman membuat oven serba guna ini sangat banyak manfaatnya.”ungkap Wabup

Pada awalnya kata Sabar AS, petani di Pasaman mengeringkan hasil pertanian dan perkebunannya menggunakan terik matahari. Itu memakan waktu lama dan tergantung kepada cuaca alam.

Namun dengan teknologi tepat guna oven serbaguna ini sangat bermanfaat besar dalam nilai guna dari teknologi yang sudah dirancang oleh Yuhandi dari nagari Panti Timur.

Karena itu pemerintah daerah kabupaten Pasaman akan memberdayakan teknologi tersebut.”Luar biasa manfaatnya, kita akan berdayakan dan kembangkan untuk masyarakat Pasaman kedepan. ungkap Sabar.

Sabar juga menyampaikan terima kasih kepada Yuhandi dan seluruh komponen yang telah berjasa, selalu lah berkarya untuk mewujudkan masyarakat Pasaman yang lebih baik dan bermartabat. (Pon)

spot_img

Latest

spot_img