Temu Bisnis UMKM di Bandung, Umi Harneli Tawarkan Kerajinan Unggulan Sumbar

Umkm
Ketua Dekranasda Provinsi Sumatera Barat Ny Harneli Mahyeldi dalam acara Temu Bisnis UMKM. (Foto: Mc)

Bandung, Investigasi.news – Ketua Dekranasda Provinsi Sumatera Barat Ny Harneli Mahyeldi membuka acara Temu Bisnis UMKM Kerajinan Unggulan Sumatera Barat (Sumbar) dengan para buyer/pengusaha/pedagang Jawa Barat yang berlangsung di Asrilia Hotel Kota Bandung, Sabtu (10/12/2022).

Acara Temu Bisnis ini merupakan kegiatan tahunan yang selalu dilakukan oleh Pemerintah Provinsi Sumbar bersama para pelaku usaha dalam upaya pengembangan pemasaran dengan mempertimbangkan potensi dan dampak ekonomi yang diharapkan bisa mengembangkan usaha pelaku UMKM di Sumatera Barat ke depan.

Sumatera Barat memiliki 2 segmen produk unggulan yaitu industri pertenunan/kerajinan dan produk makanan. Namun pada kegiatan temu bisnis ini, produk yang dibawa adalah kerajinan yang merupakan binaan dari Dekranasda Provinsi Sumatera Barat.

Dalam sambutannya Ny Harneli Mahyeldi atau biasa disapa Umi Harneli menyampaikan, alasan digelarnya Temu Bisnin UMKM karena para pengrajin yang dalam skala usaha ekonominya adalah tergolong Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) sangat menginginkan untuk dipertemukan dengan semua pihak. Salah satu di antaranya berupa fasilitasi temu bisnis yang saling menguntungkan.

Selain itu, sebagai tindak lanjut dari upaya pembinaan yang telah dilakukan Dekranasda Sumbar. Diantaranya Achievment Motivation Training (AMT), Peningkatan Teknik Bertenun, Pengembangan Motif dan Tata Warna, Bimbingan Teknis Desain Kerajinan Tenun, Sulaman, Bordir dan Diversifikasi Produk Busana Harian dan Fashion.

Hasil dari semua pembinaan, menurut Umi Harneli, dilanjutkan dengan pengolahan busana fashion bekerjasama dengan perancang nasional serta mengupayakan peluang pasar yang lebih luas baik di dalam maupun di luar negeri.

Umi Harneli berharap melalui kegiatan temu bisnis ini dapat menjalin silaturahmi antara keluarga kerabat Minangkabau dan kerabat di Jawa Barat dalam kerjasama kemitraan yang punya hubungan budaya dan adat yang hampir sama diantara dua provinsi ini.

Ibu Gubernur juga berharap kepada pelaku usaha dan mitra usaha yang ada di Provinsi Jawa Barat ini dapat bekerjasama dengan para pengrajin yang dihadirkan saat ini.

“Kami berharap jaringan Kemitraan dan kerjasama yang saling menguntungkan di antara kedua belah pihak akan lebih berkembang di masa mendatang,” harap Umi Harneli.

Ketua Dekranasda Sumbar juga menyampaikan Ungkapan terima kasih dan apresiasi yang tinggi kepada Ibu Ketua Dekranasda Provinsi Jawa Barat dan jajaran, juga kepada Pemerintah Prov. Jawa Barat, Ketua Ikatan Keluarga Minang (IKM) Jawa Barat, Ketua Gebu Minang Jawa Barat dan Dinas Koperasi UKM Provinsi Jawa Barat.

Dalam kesempatan yang sama, Ketua Dekranasda Jawa Barat Atalia Praratya dalam sambutannya menyampaikan ucapan terimakasih banyak telah mengadakan acara temu bisnis di Bandung Jawa barat, semoga Bandung menjadi ramah untuk bapak ibu dan bisa berkunjung kembali ke Bandung.

Atalia juga menyampaikan bahwa produk- produk UMKM Sumatera Barat dan Jawa Barat tidak jauh berbeda, Sumatera Barat terkenal akan tenun sulam dan kerancangnya yang berwarna cerah dan meriah, begitupun Jawa Barat yang terkenal akan kebayanya yang merupakan hasil sulam dan kerancang. (Ef/Hn-PHB)