Wagub Sumbar Hadiri Grand opening Emir Hotel & Convention Center di Lubuk Sikaping

More articles

spot_img

Padang, investigasi.news-Mendukung geliat pariwisata Pasaman yang semakin pesat, Wakil Gubernur Sumbar Audy Joinaldy hadir dalam Grand opening Emir Hotel & Convention Center di Lubuk Sikaping, Kabupaten Pasaman Minggu (22/1/2023).

Dalam sambutannya Wagub mengatakan hotel merupakan salah satu bagian yang sangat mendukung kepariwisataan. Terlebih dalam tahun kunjungan Visit Beautiful West Sumatera 2023, Sumatera Barat maupun Pasaman memiliki banyak rangkaian event pariwisata.

“Saya lihat memang Kabupaten Pasaman ini terus berbenah di pariwisata dengan menonjolkan brand Pasaman Land of Equator. Salah satu landmarknya nanti adalah planetarium,” ujar Wagub Audy.

Lebih lanjut wagub menyampaikan, untuk pembangunan planetarium yang akan menjadi icon Pasaman itu, Pemprov Sumbar telah mengalokasikan Bantuan Keuangan Khusus (BKK) sebesar Rp8 miliar.

“Ini nanti adalah planetarium satu-satunya di Pulau Sumatera. Jadi harus dibangun dengan sungguh-sungguh supaya betul-betul menjadi ikon,” tegas Wagub.

Menurut Wagub, dengan adanya hotel dengan fasilitas yang layak dan mumpuni, tentu akan menjadi faktor pendukung bagi ikon wisata Pasaman, serta berbagai destinasi wisata lainnya yang juga tengah dikembangkan di Pasaman.

Sementara itu, Wakil Bupati Pasaman Sabar AS mengatakan, dibukanya Emir Hotel & Convention Center merupakan bukti nyata bahwa investasi sebagai salah satu aspek dukungan terhadap pariwisata di Pasaman sudah berjalan baik. Ia sadar betul bahwa investasi merupakan bagian dari penta helix yang berperan amat penting dalam memajukan pariwisata Pasaman.

“Keberadaan sarana akomodasi seperti hotel penting, sehingga kenyamanan para pengunjung untuk berwisata di Pasaman insyaAllah lebih nyaman,” ujarnya.

Mengenai pembangunan planetarium, Sabar menjelaskan pihaknya tengah berupaya mempercepat pembangunan planetarium sebagai daya tarik wisata edukasi astronomi di Pasaman.

“Studi kelayakan sudah dilakukan, kita sudah punya master plan. Rencana induk spot-spot yang akan kita kembangkan,” tutur Sabar.

Di Bonjol saja kata Sabar, terdapat potensi wisata alam, wisata sejarah, edukasi, agro wisata hingga sport tourism yang dapat dikembangkan, belum termasuk kecamatan-kecamatan lainnya. Oleh karena itu menurut Sabar Pasaman sebagai tujuan wisata sangat menjanjikan. (MC Prov Sumbar)

spot_img

Latest

spot_img