Gubernur Tebar Qurban di Daerah Pascabencana, Ingatkan Pentingnya Kepedulian Antarsesama

More articles

spot_img

Tanah Datar, Investigasi.news – Gubernur Sumatera Barat (Sumbar) Mahyeldi Ansharullah, menyerahkan bantuan sapi qurban dalam kegiatan Tebar Qurban ASN dan BUMD Pemprov Sumbar di Nagari Parambahan, Lima Kaum, Kabupaten Tanah Datar, yang merupakan salah satu kawasan terdampak bencana, Selasa (18/06/2024). Gubernur menyatakan, ibadah qurban adalah salah satu wujud kepedulian sosial di tengah kehidupan bermasyarakat.

Gubernur mengawali kegiatan Tebar Qurban di Tanah Datar dengan ibadah dan tausiah subuh di Masjid Ubudiah Perambahan. Ia menyebutkan, hewan qurban yang diserahkan merupakan sumbangan dari ASN Pemprov Sumbar dan BUMD, dengan total bantuan 78 ekor sapi dan lima ekor kambing.

“Untuk di Parambahan ini, kita serahkan dua ekor sapi dan empat ekor kambing. Alhamdulillah telah diterima oleh Wali Nagari Parambahan. Kawasan ini sebelumnya juga salah satu daerah yang terdampak bencana alam,” kata Gubernur.

Baca Juga :  Terkait Tambang Air Dingin, Keputusan Pemprov Sumbar Final, Tak Perlu Rapat Lagi

Dalam kesempatan itu, Gubernur menjelaskan bahwa ibadah qurban pada Hari Raya Idul Adha diharapkan terus menggugah rasa kepedulian sosial masyarakat. Terutama sekali kalangan yang berlebih secara ekonomi, sehingga dapat menyisihkan sebagian rezekinya. Bahkan, hal itu juga termasuk membantu usaha pemerintah dalam mengentaskan kemiskinan.

“Dengan tergugahnya kepedulian sosial secara bersama-sama dengan pemerintah, InsyaAllah persoalan kemiskinan di Sumbar bisa diatasi. Selain berqurban, kita juga bisa saling membantu dalam bentuk beasiswa bagi anak-anak dari keluarga kurang mampu, bisa dengan mendirikan sekolah, atau bantuan-bantuan lain,” katanya lagi.

Selanjutnya, Gubernur juga mengungkapkan bahwa Pemprov Sumbar telah menginisiasi dan melaksanakan sejumlah program untuk mengentaskan kemiskinan dan kemiskinan ekstrem. Melalui berbagai program yang dijalankan, jumlah kemiskinan ekstrem di Sumbar terus menurun. Berdasarkan data BPS, pada Maret tahun 2023 kemiskinan ekstrem Sumbar turun dari 0.77 persen (43.671 jiwa) menjadi 0.41 persen (23.253 jiwa).

Baca Juga :  Gubernur Berikan Penghargaan Innovative Government Award Tingkat Provinsi Sumbar Tahun 2022

“Salah satu program Pemprov Sumbar adalah penyebaran hewan qurban pada setiap Idul Adha. Tahun ini kita sebar 78 ekor sapi dan lima ekor kambing. Target penyebarannya menyasar masyarakat kurang mampu, daerah-daerah bencana, dan daerah 3T,” ujar Gubernur lagi.

Dalam kesempatan yang sama, Gubernur juga mengucapkan terima kasih kepada ASN dan BUMD di lingkup Pemprov Sumbar, yang telah berkontribusi dalam menyalurkan bantuan hewan qurban pada kegiatan Tebar Qurban tahun ini.

“Alhamdulillah tahun ini jumlahnya meningkat dari tahun yang lalu. Kami berharap ke depan lebih meningkat lagi, sehingga bisa distribusikan kepada lebih banyak warga yang memang tidak ikut berkurban,” ujarnya.

Dalam kesempatan yang sama, Wali Nagari Parambahan, Lubiasdi, turut mengucapkan terima kasih atas bantuan sapi kurban yang diberikan Pemprov Sumbar. Ia mengaku bangga dapat menerima kunjungan dari Gubernur dan seluruh jajaran Kepala OPD Pemprov Sumbar, dalam penyaluran bantuan tersebur.

Baca Juga :  Gubernur Sumbar Apresiasi Peran Alumni Unand Jabodetabek Untuk Kemajuan Sumbar

“Kami sangat bersyukur atas dipilihnya Nagari Parambahan sebagai salah satu tempat penyembelihan sapi dari peserta kurban ASN dan BUMD Pemprov Sumbar. Bahkan, ini langsung dihadiri oleh Buya Mahyeldi di nagari kami,” ucapnya. (adpsb/cen)

spot_img
spot_img

Latest

spot_img