Sekda Sumbar Sorot Arti Penting Perguruan Tinggi dalam Rakornas AST-PTMA 2023

Bukittinggi, investigasi.news – Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Sumatera Barat, Hansastri menyoroti peran penting perguruan tinggi dalam mendorong kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi bagi pembangunan daerah.

“Perguruan Tinggi (PT) memiliki keunggulan di bidang riset dan penelitian, sebagian besar dari kajian tersebut memiliki kaitan erat dengan urusan pembangunan daerah,” ucap Hansastri di Bukittinggi, Selasa (24/10/2023).

Ia mengatakan itu, saat membuka secara resmi acara Rapat Koordinasi Nasional (RAKORNAS) Asosiasi Sains dan Teknologi Perguruan Tinggi Muhammadiyah Aisyiyah (AST-PTMA) Tahun 2023.

Menurutnya Gubernur Sumbar, Mahyeldi Ansharullah sangat memahami pentingnya peran perguruan tinggi dalam mendukung pembangunan daerah, oleh karena itu Gubernur mendorong agar komunikasi dan koordinasi kedua belah pihak dapat terus terjaga dengan baik.

Baca Juga :  Rencana Kerjasama "Sister Province" Sumbar-Phnom Penh Dapat Dukungan PM Kamboja

“Harmonisasi dan sinergitas ke dua unsur ini mesti terjaga demi keberlansungan pembangunan yang tepat sasaran di Sumbar. Sebab, akademisi memiliki kajian, sementara pemerintah memiliki kebijakan pembangunan,” tegasnya.

Bahkan untuk sejumlah kegiatan strategis seperti penurunan stunting, pemerintah daerah melibatkan Perguruan Tinggi agar kebijakan dalam penanganannya bisa lebih tepat sasaran.

Terkait Rakornas AST-PTMA 2023, Sekda Hansastri berharap kegiatan itu akan menghasilkan rekomendasi yang dapat memberikan dampak positif dalam meningkatkan mutu pendidikan dan penelitian di perguruan tinggi yang tergabung dalam asosiasi ini yang pada ujungnya akan beririsan dengan upaya pembangunan daerah.

Selain itu Hansastri menilai kegiatan tersebut juga bisa menjadi wadah untuk mempererat silaturahmi antara para pimpinan seluruh Kampus Muhammadiyah dan Aisyiyah di seluruh Indonesia.

Baca Juga :  Gubernur Nilai Kolaborasi Pemerintah-TNI di Sumbar Berjalan Maksimal

“Kegiatan ini merupakan langkah konkret untuk memperkuat kerja sama antara perguruan tinggi yang berada di bawah naungan Muhammadiyah dan Aisyiyah. Melalui pertemuan ini, kita dapat saling berbagi pengetahuan, pengalaman, dan ide-ide inovatif yang akan mendukung pengembangan sains dan teknologi di Indonesia,” katanya.

Sementara itu Rektor Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat (UMSB), Riki Saputra mengatakan acara Rakornas AST-PTMA 2023 tersebut akan berlangsung selama 5 (lima) hari dan diharapkan dapat menghasilkan solusi-solusi konstruktif dalam menghadapi tantangan di bidang sains dan teknologi.

Semua peserta diharapkan dapat berkontribusi secara aktif dalam diskusi dan kolaborasi yang akan terjadi selama acara ini.

Jadi Keynote Speaker pada RAKORNAS AST-PTMA 2023 ini Prof. Ir. Ts. Dr. Mohd. Haziman Bin Wan Ibrahim / Universiti Tun Hussein Onn, Prof. Ir. Ilyas Masudin, MLogSCM., Ph.D dari UMM.

Baca Juga :  Kembalikan Senyum Anak Bangsa, Gubernur Mahyeldi Apresiasi Operasi Bibir Sumbing Gratis oleh IASMA 1 Bukittinggi

“Rapat Koordinasi Nasional AST-PTMA 2023 diharapkan menjadi momentum penting dalam memajukan pendidikan tinggi di bidang sains dan teknologi di Indonesia serta memperkuat jaringan antara perguruan tinggi yang berada di bawah naungan Muhammadiyah dan Aisyiyah,” katanya.

Acara tersebut dihadiri oleh ratusan peserta dari berbagai perguruan tinggi yang terafiliasi dengan Muhammadiyah dan Aisyiyah di seluruh Indonesia.

Turut hadir dalam Rakor AST-PTMA 2023 itu Dr. Eng.Muhammad Kunta Biddinika S.T., M.Eng Majelis Diktilitbang PP Muhammadyah, Ir Sunardi,MT, PHD. Ketua AST-PTMA, Ir. Muhammad Aman , MT Penasehat AST-PTMA, Drs. H. ERIZANUR, M.Si Staf Ahli Bupati Bidang Pemerintahan Hukum dan Politik mewakili Bupati Tanah Datar. (adpsb/Busan).

Related Articles

Iklan
Iklan
Iklan
Iklan
Iklan
Iklan

Latest Articles

Iklan
Iklan