Singgah Sahur ke Rumah Keluarga Kurang Mampu di Jorong Tanjung Raya Sijunjung, Gubernur Serahkan Batuan RTLH

More articles

spot_img

Sijunjung, Investigasi.news – Gubernur Sumatera Barat (Sumbar) Mahyeldi Ansharullah singgah sahur ke rumah Ermul Hidayati (50), salah satu warga kurang mampu yang tinggal di Jorong Tanjung Raya, Nagari Mundam Sakti, Kecamatan Empat Nagari, Kabupaten Sijunjung, Sabtu (23/3/2024).

Tujuan kedatangan Gubernur di pagi buta itu, selain untuk sahur bersama penghuni rumah, ia juga menyerahkan bantuan biaya rehap Rumah Tidak Layak Huni (RTLH) kepada keluarga Ermul Hidayati.

“Kami mendapatkan kabar dari masyarakat sekitar, bahwa di sini ada keluarga kurang mampu yang layak untuk diberi bantuan. Kebetulan sekarang bulan Ramadhan, maka penyerahan bantuannya kita gabungkan dengan kegiatan singgah sahur,” ungkap Mahyeldi.

Gubernur menilai, Ermul Hidayati atau yang akrab dipanggil Hidayati, patut menerima bantuan RTLH. Sebab rumah yang ditinggalinya saat ini, kondisinya sudah tidak layak. Selain sangat sempit karena hanya berukuran 4×4, dindingnya pun masih terbuat dari kayu. Sehingga tidak layak dan sehat untuk ditinggali dengan 4 orang anak.

Diketahui, Hidayati adalah seorang janda memilki empat orang anak, satu anaknya berjenis kelamin perempuan dan tiga orang lainnya laki-laki. Mereka telah menempati bangunan sangat sederhana itu, lebih kurang selama 20 Tahun.

Adapun rincian besaran bantuan yang diserahkan oleh Gubernur Mahyeldi adalah Rp25 juta untuk rehap rumah (RTLH) yang bersumber dari Baznas Provinsi Sumbar dan Rp.2,5 juta dari Bank Nagari, serta sejumlah bantuan uang saku dari seluruh rombongan Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang hadir mendampingi Gubernur.

“Hari ini kita serahkan sejumlah bantuan, ada yang untuk biaya rehap rumah dan ada juga untuk kebutuhan sehari-hari. Semoga bermanfaat,” ujar Gubernur Mahyeldi saat penyerahan bantuan secara simbolis.

Gubernur berharap, dengan adanya bantuan rehap RTLH tersebut, Hidayati bisa memperbaiki rumah huniannya. Sehingga bisa menjadi lebih layak dan sehat.

Dengan berurai air mata, bantuan tersebut diterima oleh Hidayati. Ia mengaku kaget, rumahnya dikunjungi orang nomor satu di Sumbar untuk sahur bersama dan menyerahkan bantuan.

“Saya kaget karena sebelumnya tidak ada pemberitahuan. Rupanya Allah mengirimkan orang baik kepada saya subuh ini. Alhamdulillah ya Allah, Alhamdulillah,” ucap Hidayati sambil menangis.

Disisi lain lain, Kepala Jorong Tanjung Raya, Afjuanol Safaat juga menilai Ibu Hidayati sangat pantas menerima bantuan. Sebab, ia merupakan tulang punggung keluarga dan bekerja secara serabutan di kebun orang. Sehingga sangat sulit baginya untuk membangun sebuah rumah yang layak.

“Kami sangat bersyukur dan berterima kasih kepada Bapak Gubernur yang telah membawa kebaikan untuk warga kami. Melalui program bantuan bedah rumah,” ucap Kepala Jorong Tanjung Raya.

Usai penyerahan bantuan, Gubernur dan rombongan kemudian bertolak menuju Masjid Baitul Makmur Mudam Sakti untuk melaksanakan sholat subuh berjemaah dan menyelenggarakan Subuh Mubarakah. (adpsb/cen/busan)

spot_img
spot_img
spot_img
spot_img

Latest

spot_img