TP PKK Provinsi dan Daerah se-Sumbar Gelar Pertemuan ke TP PKK Pusat

More articles

spot_img

Sumbar, Investigasi.news – Tim Penggerak PKK Provinsi dan Kabupaten/Kota se-Sumbar menggelar pertemuan dengan Tim Penggerak PKK Pusat, yang berlangsung di Sekretariat TP PKK Pusat, Jakarta, Rabu (8/3/2023).

Hadir dari TP. PKK Pemprov Sumbar, Ketua TP PKK Ny. Harneli Mahyeldi, Wakil Ketua Ny. Fitria Amalia Audy, dan Sekretaris Ny. Elimarlina Hansastri. Hadir juga Kepala DPMD Sumbar, Amasrul, beserta pengurus dan sekretariat TP PKK Provinsi dan Kabupaten/Kota se-Sumbar.

Rombongan diterima Sekretaris Umum TP PKK Pusat Ny. Nani Suhajar Diantoro dan jajaran pengurus lainnya.

Ny. Harneli Mahyeldi dalam sambutannya menyampaikan maksud dan tujuan kunjungan ini, antara lain yaitu untuk menjalin hubungan silaturahmi antara Pengurus Tim Penggerak PKK Provinsi Sumatera Barat dengan Ibu Ketua Umum serta Pengurus Tim Penggerak PKK Pusat. Serta saling bertukar informasi dan pengalaman diantara sesama pengurus dalam rangka meningkatkan pelaksanaan Kegiatan Gerakan PKK di daerah masing-masing.

Selain itu kunjungan ini juga bertujuan untuk meningkatkan wawasan dan pengetahuan pengurus PKK Sumbar dengan menggali informasi dan pengalaman dari Tim Penggerak PKK Pusat dalam melaksanakan Gerakan PKK.

“Pengalaman tersebut akan dijadikan sebagai bahan untuk merumuskan kebijakan untuk menetapkan kegiatan dalam peningkatan penyelenggaraan kegiatan Gerakan PKK di daerah Provinsi Sumatera Barat. Kunjungan ini juga dalam rangka menyerahkan Laporan Tahunan Kegiatan Tim Penggerak PKK Provinsi Sumatera Barat Tahun 2022,” Ungkap Ny. Harneli.

Ditambahkan Harneli, dalam melaksanakan Program dan kegiatan PKK di Provinsi Sumatera Barat selalu diselaraskan dan disinkronkan dengan kebijakan Bapak Gubernur selaku Ketua Pembina Tim Penggerak PKK, serta mengacu kepada hasil RAKERNAS PKK ke-IX Tahun 2021.

Mengakhiri sambutannya Ny. Harneli menyampaikan harapan agar silaturahmi ini dapat selalu terjalin dengan baik, dan sekaligus mengundang Ibu Ketua Umum dan Pengurus Tim Penggerak PKK Pusat untuk berkenan pula berkunjung serta berwisata ke Ranah Minang Sumatera Barat.

Sekretaris Umum TP PKK Pusat, Ny. Nani Suhajar Diantoro menyambut baik kedatangan rombongan dan mengapresiasi pembinaan TP PKK yang telah dilakukan di Sumbar.

Lebih lanjut menurutnya, upaya pemberdayaan keluarga dan pemberdayaan masyarakat itu bukan hanya sebuah pengorganisasian belaka, tetapi juga menunjukkan adanya sebuah komitmen dan dedikasi terhadap upaya nyata dalam pengelolaan Gerakan PKK. Selain itu, kerjasama yang harmonis antara Tim Penggerak PKK Provinsi Sumatera Barat dengan Tim Penggerak PKK Kabupaten/Kota, juga merupakan suatu bukti bahwa hubungan koordinasi yang baik akan menimbulkan rasa saling membutuhkan.

Ditambahkan, kondisi harmonis seperti itu juga dapat terbentuk secara baik, bilamana ada pemahaman yang tinggi dari  unsur  jajaran Pemerintah Daerah melalui OPD mitra kerja PKK, terhadap apa yang menjadi tugas, fungsi dan peranan Tim Penggerak PKK.

“Hal-hal seperti itulah yang patut menjadi pembelajaran bagi kita semua. Oleh karena itu pula, saya senantiasa mendorong kepada segenap jajaran Tim Penggerak PKK di semua jenjang, agar dapat terus tumbuh menjadi sebuah gerakan partisipatif, kolaboratif antara masyarakat dengan Pemerintah dan Pemerintah Daerah,” kata Nani.

“Inilah sebuah proses manajemen terpadu yang mempertemukan Visi dan Misi yang sama dalam pemberdayaan masyarakat dan pemberdayaan keluarga. Bertolak dari hal itu, maka pertemuan ini, saya harapkan dapat dimaknai sebagai media yang sarat makna bagi Gerakan PKK pada masa yang akan datang,” pungkasnya.

Pemprov. Sumatera Barat

spot_img

Latest

spot_img