Bantuan Ambulance Kemenkes RI, Bupati Rusma Yul Anwar: Optimalkan Layanan Kesehatan Primer

More articles

spot_img

Pesisir Selatan, investigsi.news-Bupati Rusma Yul Anwar menekankan kepada jajaran dinas kesehatan agar optimal melayani masyarakat, tanpa membedakan kaya atau miskin.

“Saya minta tidak ada pelayanan yang diskriminatif tanpa memandang siapa yang kaya dan miskin. Yang kita utamakan keselamatan pasien,”jelasnya.

Hal itu disampaikan Bupati Pesisir Selatan Rusma Yul Amwar saat menyerahkan 9 unit kedaraan; ambulance, pusling emergency dan farmasi kepada puskesmas, Jum’at (5/7), dalam pelaksanaan Apel Gabungan ASN Lingkup Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan, di Painan.

Dikatakan, sebagai petugas kesehatan kita dituntut untuk bekerja secara profesional, dan tetap mendahulukan keselamatan pasien. Karena itu, pasilitas kesehatan (paskes) ini wajib disediakan di puskesmas sebagai bagian dari implementasi dari pelayanan kesehatan primer (Primary Health Care) di Indonesia seperti Puskesmas, Poskesdes, dan Posyandu, yang perlu untuk terus ditingkatkan.

Baca Juga :  Bupati Rusma Yul Anwar Kembangkan Pulau Semangki jadi Distinasi Wisata Eksklusif

“Pelayanan kesehatan primer ini artinya memberikan layanan kesehatan dasar yang bersifat preventif, berkesinambungan, dan dapat diakses oleh masyarakat luas,”ulasnya.

Sementara itu, Plt Kepala Dinas Kesehatan Pessel, Intan Novia, yang ikut mendampingi Bupati Rusma Yul Amwar pada penyerahan kendaraan/fasilitas kesehatan itu mengatakan, Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan mendapatkan 10 unit ambulance dan 12 unit kendaraan roda dua dari Kementerian Kesehatan (Kemenkes) Republik Indonesia.
“Bantuan kendaraan ambukance, emergensi dan farmasi ini merupakan hasil koordinasi Bupati Pesisir Selatan Rusma Yul Anwar dengan Sekjen Kemenkes pada tahun 2023, dan tahun 2024 ini terealisasi,” ulasnya.

Bantuan kendaraan ambulannce ini selanjutkan disldistribusikan kepada unit puskesmas di Pesisir Selatan. Ambulance untuk Puskesmas Tanjung Beringin, Puskesmas Air Haji, Puskesmas Balai Selasa, Puskesmas Kambang (2 unit), Puskesmas Pasar Kuok, Puskesmas Asam Kumbang, dan Puskesmas Tanjung Gadang. Kendaraan (Pusling) Emergency dan Farmasi untuk Intalansi Farmasi Dinas Kesehatan.

Baca Juga :  Bupati Bahas Potensi Pessel Dengan Menteri KKP

Ditambahkan, Kabupaten Pesisir Selatan memperoleh anggaran DAK Kesehatan, yakni sebesar Rp35 miliar. Meskipun demikian, pihaknya masih berharap tambahan anggaran DAK Kemenkes RI untuk tambahan ambulance ini, semoga tahun depan dapat terealisasi. Admin

spot_img
spot_img

Latest

spot_img