Dihadiri Sekda Mawardi Roska, KPU Pessel Gelar Rakor PSU DPD RI

More articles

spot_img

Pesisir Selatan, investigasi.news–Sekretaris Kabupaten (Sekkab) Pesisir Selatan (Pessel), Mawardi Roska, hadiri Rapat Koordinasi (Rakor) persiapan pelaksanaan Pemungutan Suara Ulang (PSU) Dewan Perwakilan Daerah (DPD) Republik Indonesia (RI) Provinsi Sumatera Barat (Sumbar). Rakor pasca putusan Mahkamah Konstitusi (MK) tentang perselisihan hasil pemilihan umum (Pemilu) tahun 2024 tersebut dibuka oleh Ketua KPU Pessel, Aswandi digelar di Hotel Tirza Painan, Selasa (25/6).

Hadir dalam kesempatan itu Sekretaris KPU Pessel, Afnel beserta anggota komisioner KPU lainnya, Bawaslu Pessel, Forkopimda Pessel, para kepala Perangkat Daerah (PD), para camat, ketua dan pengurus partai politik (Parpol), LO calon DPD dan parpol, serta para tamu undangan lainnya.

Ketua KPU Pessel, Aswandi, saat membuka Rakor tersebut menyampaikan terimakasih kepada semua undangan yang hadir dalam rangka Rakor PSU DPD tersebut.

Baca Juga :  Diskominfo Kabupaten Solok Kunjungi Diskominfo Pessel

“Kegiatan ini merupakan salah satu upaya dalam menjaga kedaulatan rakyat, terutama sekali dalam melakukan PSU DPD RI yang akan dilaksanakan pada 13 Juli 2024 nanti sesuai dengan putusan MK Nomor 03-03/PHPU.DPD-XXII/2024,” katanya.

Dijelaskannya bahwa pelaksanaan PSU sebagaimana disampaikan oleh putusan MK pada 10Juni 2024 lalu itu cukup singkat, karena hanya diberi waktu selama 45 hari sejak putusan itu dikeluarkan.

“Dari jadwal itu, sehingga pelaksanaan PSU tinggal 18 hari lagi. PSU ini akan dilakukan di semua kabupaten/kota di Sumbar dengan jumlah TPS sebanyak 17.569. Sedangkan di Pessel jumlah jumlah TPS nya sebanyak 1.640, dengan jumlah Daftar Pemilih Tetap (DPT) sebanyak 380.662,” katanya.

Baca Juga :  Pemkab Pesisir Selatan Fokuskan Kinerja pada Kesejahteraan Nelayan

Dia menambahkan bahwa PSU tersebut merupakan pengalaman pertama karena memang baru pertama kali terjadi selama sejarah Pemilu di Indonesia.

“Karena baru pertama kali, maka perlu kesiapan dan kehati-hatian yang matang yang tentunya dengan melibatkan semua pihak terkait agar pelaksanaan PSU DPD RI ini bisa berjalan dengan baik di Pessel,” harapnya.

Ditambahkan Aswandi bahwa PSU DPD RI itu pelaksanaannya melibatkan semua pihak sebagaimana pelaksanaan Pemilu 14 Februari 2024 lalu.

“Berdasarkan hal itu maka pelaksanaannya akan dilakukan oleh Badan AD Hoc Pemilu yang saat ini juga tengah dipersiapkan untuk Pilkada.

Melalui kehadiran semua pihak terkait dalam Rakor ini, maka saya berharap semuanya dapat memahami dan menjalankan peran dan fungsinya agar pelaksanaan PSU DPD RI dapat berjalan dengan baik dan sukses di daerah ini dengan target partisipasi sama dengan Pemilu lalu,” harapnya. Admin

Baca Juga :  Kunker Di Silaut, Bupati Rusma Yul Anwar Salurkan Bantuan Pada Lansia

spot_img
spot_img

Latest

spot_img