Melalui Dinkes, Pemkab Pessel Tingkatkan Pelayanan Medis di Setiap Puskesmas

More articles

Pessel, Investigasi.news – Agar kepuasan masyarakat tercapai dalam mendapatkan pelayanan medis, Pemerintah kabupaten (Pemkab) Pesisir Selatan (Pessel) melalui jajaran Dinas Kesehatan (Dinkes) setempat, terus meningkatkan standar pelayanan di semua Puskesmas.

Upaya itu juga bertujuan untuk menjawab kebutuhan masyarakat dalam mendapatkan pelayanan medis yang lebih maksimal, terutama sekali dalam mendapatkan pelayanan rawat inap, atau bagi yang tidak perlu dirujuk ke Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) dr M Zein Painan.

Demikian dikatakan Bupati Pessel, Rusma Yul Anwar, dengan didampingi Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Pessel, Syahrizal Antoni, beberapa waktu lalu.

Diungkapkannya bahwa dorongan itu memang seiring dengan komitmen Pemkab Pessel dalam meningkatkan, serta memberikan pelayanan yang prima kepada masyarakat, disamping juga terus melakukan akreditasi terhadap semua Puskesmas yang ada.

Baca Juga :  Pengurus PGMNI Pessel Dikukuhkan, Bupati Ajak Bersinergi Wujudkan Pendidikan Berkualitas

“Kita menargetkan semua Puskesmas di daerah ini memenuhi standar pelayanan yang maksimal, serta juga terakreditasi. Tujuannya agar mutu dan kualitas pelayanan kesehatan benar-benar tercapai dan didapatkan oleh semua masyarakat,” katanya.

Selain itu, Puskesmas juga harus terus berupaya meningkatkan kesehatan perseorangan, serta meminimalkan risiko dengan peningkatan pencegahan dan penyembuhan penyakit.

“Semua itu adalah untuk mendukung pencapaian standar pelayanan minimal di bidang kesehatan,” ungkapnya.

Kepala Dinas Kesehatan Pessel, Syahrizal Antoni, menambahkan bahwa daerah itu juga mentargetkan mengakreditasi 21 Puskesmas yang ada, demi memberikan pelayanan kesehatan yang bermutu sesuai dengan kebutuhan masyarakat.

Dia juga mengatakan bahwa semua Puskesmas agar pula dapat mengidentifikasi masalah kesehatan yang terjadi di masyarakat, terutama sekali di wilayah kerjanya.

Baca Juga :  Pemkab Pessel Salurkan Bantuan Kepada Masyarakat di Sungai Pinang

“Tujuannya agar kepercayaan masyarakat terhadap pelayanan Puskesmas semakin meningkat,” ungkapnya.

Ditambahkannya bahwa pembangunan sektor kesehatan merupakan bagian integral dari pembangunan nasional.

Dalam hal itu, Pemkab Pessel melalui jajarannya telah melakukan langkah nyata seperti upaya promotif preventif, serta peningkatan kualitas baik dari segi infrastruktur, sistem pelayanan, hingga peningkatan kualitas SDM bidang kesehatan.

“Karena Fasilitas Pelayanan Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP) atau Puskesmas merupakan ujung tombak pelayanan kesehatan kepada masyarakat, sehingga standar pelayanannya akan terus kita tingkatkan,” timpalnya. Mc

- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img

Latest