Wabub Pessel Hadiri Acara Kerjasama Pengolahan Jagung Dengan Kelompok Tani

Pesisir Selatan, Investigasi.news – Wakil Bupati Pesisir Rudi Hariansyah menghadiri acara pertemuan PT. Tazar Guna Mandiri, Asuransi Jasindo dan Bank Nagari, di Kampung Koto Gunung Nagari Tuik IV Koto Mudiak, Kecamatan Batang Kapas, dalam rangka musyawarah kerjasama pengolahan Jagung pada kelompok Tani di daerah itu, Selasa (1/11).

Dalam kegiatan itu juga dihadiri, Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa Pessel, Camat Batang Kapas Denny Anggara, Wali Nagari Tuik IV Koto Mudiak, PT. Tazar Guna Mandiri Sumatera barat, Asuransi Jasindo, Perangkat Bank Nagari, dan kelompok tani setempat.

Wakil Bupati Pessel, Rudi Hariansyah mengatakan bahwa kerjasama itu suatu kemudahan bagi para petani jagung untuk memenuhi kebutuhan pokok dalam pengelolaan mulai dari proses perencanaan penanaman pupuk, bibit jagung, hingga proses panenya.

“Kerjassama ini adalah untuk mempermudah bagi kelompok tani, dimana dalam pengelolaan dan penanaman mudah nantinya,” kata dia.

Rudi Hariansyah melanjutkan bahwa program tersebut tentunya sangat membantu petani jagung di daerah itu.

Dimana, sambungnya, apalagi program itu bekerjasama dengan PT.Tazar Guna Mandiri sumatera barat, Bank Nagari, Asuransi Jasindo, untuk mempermudah penyediaan permodalan seperti Pupuk,bibit, tentu sesuai dengan prosedur yang telah di tetapkan.

Sementara itu, Ahli jagung dari provinsi Sumatera barat, Boy memberikan cara teknik dalam penanaman jagung serta cara mengatasi jika tanaman jagung itu memiliki masalah seperti hama (penyakit) mulai dari proses pertumbuhan hingga sampai panen guna memperoleh hasil produksi yang maksimal oleh kelompok tani setempat.

“Jadi, tentunya sebelum kita menanam jagung, terlebih dahulu kita harus mengetahui keadaan tanah subur atau tidak subur, serta jarak dalam penanamannya. Sehingga para petaninya dapat memperoleh hasil lebih baik,” ungkapnya. Mc