35 TPS Disiapkan Guna Pilkades Serentak 9 Desa Kota Sawahlunto

More articles

spot_img

 

Sawahlunto, investigasi.news – Sebanyak 35 Tempat Pemilihan Suara (TPS) disiapkan guna pelaksanaan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) Serentak di Sembilan Desa di Kota Sawahlunto. Pilkades itu akan digelar, Rabu (17/5/2023) mendatang.

Adapun Sembilan Desa tersebut, yakni Desa Taratak Bancah, Desa Silungkang Oso , Desa Silungkang Tigo, Desa Kubang Utara Sikabu, Desa Pasar Kubang , Desa Talawi Hilir, Desa Sikalang, Desa Tumpuak Tangah dan Desa Salak.

Kepala Bidang Pemerintah Desa Dinas Sosial PMDPPA Kota Sawahlunto Try Syahputri menyatakan pelaksanaan Pilkades digelar di tiga kecamatan, sembilan desa dilaksanakan di 35 TPS.

” di Kecamatan Silungkang 3 (tiga) desa dilaksanakan di 11 (sebelas) TPS, Sedangkan Kecamatan Lembah Segar untuk 2 (dua) Desa digelar 6 ( enam) TPS serta di kecamatan Talawi 4 desa dilaksanakan di 18 TPS “ kata Try Syahputri, Selasa (16/5/2023)

Saat ini, sebutnya Panitia Pemilihan Kepala Desa (PPKDes) sedang dilakukan persiapan guna kelancaran pemilihan, Rabu (17/5/2023) mendatang.

“Kita berharap Pilkades yang langsung, umum, bebas, rahasia, jujur dan adil dapat terwujud. Untuk mencapai itu adalah tugas kita bersama, tidak bisa hanya satu pihak atau satu unsur saja yang bekerja dan kepada masyarakat tetap menjaga persatuan dan ikut berpartisipasi bersama dalam menyukseskan pilkades ini “ pungkasnya.

Terkait persiapan keamanan pilkades serentak dikota itu, Polres Kota Sawahlunto menggelar apel Pasukan Pengamanan Pilkades Tahun 2023 di Lapangan Apel Mako Polres Sawahlunto, Selasa (16/5/2023).

Kapolres AKBP Purwanto Hari Subekti, S.Sos dihadapan personil apel menyatakan Pilkades adalah salah satu perwujudan pelaksanaan demokrasi yang pada prinsipnya diselenggarakan sebagai sarana partisipasi masyarakat desa untuk memilih Kepala Desa.

“Polri sebagai fungsi pemerintahan di bidang Harkamtibmas, Penegakan hukum, Perlindungan, Pengayoman, dan Pelayanan kepada masyarakat berkewajiban untuk mengamankan jalannya Pilkades di kota Sawahlunto, sehingga Pilkades tersebut terlaksana sukses, aman, tertib dan lancar,” harapnya. (T.Ab)

spot_img

Latest

spot_img