Akhir Tahun, Harga Sayuran dan Komoditi Pangan di Sawahlunto Fluktuatif

More articles

spot_img

Sawahlunto, Investigasi.news – Harga sayuran dan sejumlah komoditi pangan di Pasar Kota Sawahlunto terpantau fluktuatif pekan akhir tahun ini. Ada yang mengalami kenaikan, penurunan namun juga masih ada yang dijual dengan harga tetap seperti pekan lalu.

Data yang diperoleh dari Bidang Perdagangan Dinas Koperindag Kota Sawahlunto, Kamis (30/12/2021), harga jual timun pekan ini naik Rp1.000 perkilogram, dari pekan lalu Rp7.000 naik menjadi Rp8.000. Wortel turun Rp1.000 dari Rp6.000 menjadi Rp5.000.

Staf Pendata Bidang Perdagangan Diskoperindag Kota Sawahlunto Titin K menerangkan, selain yang mengalami penurunan, juga ada yang stabil. Seperti sayur bayam, kol, kacang panjang, buncis, dan sawi. Sayur bayam masih tetap Rp4 ribu per ikat, kacang panjang Rp3 ribu per ikat, kol Rp3 ribu dan sawi Rp4 ribu per kilogram.

Harga buncis sejak dua minggu lalu naik dari Rp3 ribu dari Rp11 ribu perkilo menjadi Rp14 ribu perkilo dan tak beranjak hingga minggu ini. Titin menjelaskan, kenaikan atau turunnya harga komoditi biasanya dipengaruhi oleh pasokan dari daerah penghasil, faktor cuaca dan distribusi. (T.Ab)

spot_img

Latest

spot_img