Akreditasi Gudep, Pramuka Kwarcab 17 Pasbar Studi Banding ke Kwarcab 11 Sawahlunto

Kwarcab 17 Kabupaten Pasaman Barat (pasbar) gelar studi banding ke Kwarcab 11 Kota Sawahlunto. (Foto: T.Ab)

Sawahlunto, Investigasi.news – Gerakan Pramuka Kwartir Cabang (kwarcab) 17 Kabupaten Pasaman Barat (pasbar) gelar studi banding ke Kwarcab 11 Kota Sawahlunto. Kegiatan yang digelar, Jumat (9/12/2022) itu menitikberatkan terkait akreditasi Gugus Depan (gudep) yang telah dilakukan di kwarcab 11 kota Sawahlunto.

Rombongan Kwarcab 17 Kab Pasbar yang terdiri dari Sriadi (sekretaris Kwarcab), Ahmad Romi Nasution (waka Sarpraskeu), Paiman (Waka Bianmuda), Zahrul Rozi (Waka Orgakum), Iful (andalan Orgakum), Idrizal (andalan Binamuda) dan Syamsul bahri Kasi Kesiswaan dan Pramuka Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) kabupaten Pasbar.

Sekretaris Kwarcab 17 Kabupaten Pasbar Srianto menyatakan kedatangan jajaran pengurus kwarcab 17 kabupaten Pasbar ini bertujuan guna mengali dan mengetahui upaya kwarcab kota Sawahlunto dalam akreditasi gudep

“ kita ketahui di kwarda 03 Sumbar hanya Kwarcab kota Padang, Payakumbuh dan Kota Sawahlunto yang telah ada gudep yang terakreditasi oleh Kwartir Nasional (kwarnas), maka sangat tepat untuk melakukan studi ke kota Sawahlunto” kata Srianto

Lebih jauh Srianto berharap kunjungan ini diharapkan dapat menjadi upaya langkah awal karena tahun 2023 kwarcab 17 Pasbar akan melakukan akreditasi gudep.

Dikesempatan itu rombongan juga menyampaikan terima kasih kepada kwracab 11 kota Sawahlunto melalui satgas pramuka peduli penanggulangan bencana yang telah mendukung aksi sosial pascabencana gempa Februari lalu dan sempat mendirikan rumah hunian sementara (huntara).

Sekretaris Kwarcab Pramuka 11 kota Sawahlunto Agustin menyambut baik kunjungan kwarcab 17 Kabupaten Pasbar ditengah-tengah kegiatan akreditasi gelombang kedua yang sedang dilakukan dikota ini

“ semua bahan pengajuan serta asesmen dan data serta referensi akan disampaikan, sebagai pelengkap akan dilakukan kunjungan lapangan ke gudep SMAN 1 Sawahlunto dan MIN 3 Sawahlunto ” kata Agustin

Dalam kunjungan itu kedua belah pihak saling terlibat tanya jawab dengan tim asesesor yang dipimpin Doni Warman dan koorp pelatih kwarcab kota Sawahlunto terkait 16 gudep di kwarcab ini yang telah terakreditasi kwarnas.

Selain Sekretaris Kwarcab Sawahlunto Agutin, juga menyambut kunjungan itu Ritu Karianto (Waka Kwarcab), Adrizal ( Waka Orgakum), Henky Fransdamurya ( Waka Abdimas), Refjhon ( Waka Bina Muda) serta koorp pelatih kwarcab.

Usai istirahat dan shalat Jum’at para rombongan melakukan kunjungan ke Gudep 01.035 putra dan 01.036 putri SMAN 1 Sawahlunto dan Gudep 04.023 – 04.024 pangkalan MIN 3 Sawahlunto yang tahun 2020 lalu telah terakreditasi A oleh Kwanas. (T.Ab)