Hari Santri Nasional Kota Sawahlunto Digelar di Pondok Pesantren Ababil Lunto

Sawahlunto, Investigasi.news – Upacara peringatan Hari Santri Nasional Kota Sawahlunto digelar di Pondok Pesantren Ababil Lunto Kecamatan Lembah Segar. Wakil Wali Kota Sawahlunto Zohirin Sayuti bertindak selaku inspektur upacara Sabtu (22/10/2022).

Para santri pria tampak mengenakan sarung dan peci seperti imbauan Kementerian Agama melalui Surat Edaran Nomor 27 Tahun 2022 tentang Pelaksanaan Upacara Peringatan Hari Santri 2022, yang antara lain menyebutkan bahwa peserta pria harus memakai sarung dan peci selama upacara.

Usai membacakan surat dari Yaqut Cholil Qoumas Menteri Agama untuk para santri pada Hari Santri 2022 dengan tema Berdaya Menjaga Martabat Kemanusiaan itu Zohirin Sayuti menyerahkan bantuan tersebut secara simbolis sebagai wujud bahwa pemerintah pusat dan daerah konsisten memberikan dukungan pada lembaga pendidikan keagamaan.

Dia menyatakan Lunto ini patut kita acungkan jempol dalam komitmen memberikan pendidikan agama kepada generasi penerus, karena dari semua nagari di Sawahlunto hanya nagari Lunto ini yang memiliki Yayasan Pondok Pesantren. Dari APBD Kota Sawahlunto yaitu melalui aspirasi pokok pikiran (pokir) Anggota DPRD Kota Sawahlunto atas nama Adepron, diberikan untuk bantuan rehab gedung MTs Swasta Lunto sebesar Rp140 juta.

Tentu Pemko Sawahlunto sejalan dengan visi misi nomor satu yaitu menjadikan kehidupan beragama dan berbudaya yang semakin baik maka terus memberikan berbagai bentuk dukungan dan dorongan,” kata Wawako.

Bantuan pelaksanaan peningkatan kualitas kesehatan lingkungan di lembaga pendidikan keagamaan sebesar seratus juta rupiah yang bersumber dari Kementerian Kesehatan (Kemenkes). Bantuan program pelatihan untuk Balai Latihan Kerja (BLK) Komunitas Ababil Kenagarian Lunto sebesar Rp44.630.000,- yang bersumber dari Kementerian Tenaga Kerja (Kemnaker).

Ketua Yayasan Pesantren Ababil Kenagarian Lunto Yusnaldi Rajo Kuaso mengatakan

Apresiasi dan bersyukur sekali pada tahun ini banyak perhatian serta dukungan dari pemerintah pusat dan pemerintah daerah pada pesantren Ababil.

“ Ini akan meningkatkan kuantitas dan kualitas pembelajaran sehingga anak didik pun bisa menjadi lebih baik ilmu yang diperoleh,” kata Yusnaldi.

Kepala Kantor Kemenag Sawahlunto Dedi Wandra menyebut pihaknya terus hadir dalam mendampingi dan mengawasi Yayasan Pondok Pesantren Ababil Lunto.

“Kita juga selalu membantu bagaimana koordinasi ke pemerintah provinsi dan pusat sekaitan peluang-peluang bantuan yang bisa dimanfaatkan oleh pesantren Ababil Lunto ini,” katanya. (T.Ab)