Kecamatan Barangin Juara Umum Porkot Kota Sawahlunto

Sawahlunto, Investigasi.news – Pekan Olahraga Kota (Porkot) Sawahlunto selesai digelar dengan juara umum diraih Kecamatan Barangin dengan mengumpulkan 43 medali emas, 37 medali perak dan 27 medali perunggu.

Ketua Panitia Porkot Sawahlunto Januardi menyatakan Porkot itu telah dimulai sejak Sabtu (12/11) sampai Selasa (15/11) dengan mempertandingkan 15 cabang olahraga dan melibatkan 602 orang atlet dan offisial.

“Hasil rekapitulasi perolehan medali, menempatkan posisi juara umum diperoleh Kecamatan Barangin yang mengumpulkan 43 medali emas, 37 medali perak dan 27 medali perunggu,” kata Januardi merinci.

Kemudian untuk juara kedua diambil oleh Kecamatan Lembah Segar yang mengumpulkan 34 medali emas, 34 medali perak dan 30 medali perunggu.

” Kecamatan Silungkang di juara ketiga yang mengumpulkan 20 medali emas. Disusul Kecamatan Talawi sebagai juara keempat yang mengumpulkan 18 medali emas,” kata dia.

Ketua KONI Kota sawahlunto Muryanto menyampaikan ada 15 cabang olahraga yang dipertandingkan dalam Porkot tarung derajat, gulat, senam, sepakbola, futsal, sepak takraw, karate, catur, panjat tebing, E-sport, atletik, kempo, bola voli, panahan dan bridge.

“ terima kasih atas dukungan semua pihak yang telah diberikan secara moril dan materil sehingga Porkot ini berselenggara sesuai yang diharapkan” kata Muryanto

Dari Porkot ini, sebutnya telah tumbuh bibit atlet berpotensi yang diharapkan dapat meningkatkan pretasi lagi ditingkat daerah maupun nasional dengan tetap giat dan semangat berlatih.

Wali Kota Sawahlunto Deri Asta menyebut penyelenggaraan Porkot memiliki arti penting dalam mengevaluasi perkembangan latihan berbagai cabang olahraga, terutama yang dipersiapkan menuju Pekan Olahraga Provinsi (Porprov).

“Sekaligus juga momen kita dalam memantau bibit-bibit atlet yang berpotensi untuk dibina lebih lanjut,” katanya.

Upacara penutupan Porkot diwarnai dengan penyerahan trophy juara Umum kepada Kecamatan barangin yang diterima Camat Barangin Subandi dan reward kepada atlit peraih medali. (T.Ab)