Kuda Peserta Melebihi Kuota, Kelas 3 Tahun Sawahlunto Derby Gelar Babak Penyisihan

Sawahlunto, Investigasi.news – Kejuaraan pacuan kuda Sawahlunto Derby akan menggelar babak penyisihan, Minggu (20/11/2022) mendatang, karena kuda peserta lebih dari 12 ekor pada kelas khusus 3 tahun Sawahlunto Derby jarak 1.500 meter.

Ketua Harian Pordasi Kota Sawahlunto Irsal Adam menyatakan sesuai ketentuan pokok pacuan yang telah diedarkan kepada pemilik kuda peserta kejuaraan pacuan kuda Sawahlunto Derby, kalau kuda peserta melebihi 12 ekor kuda akan digelar babak penyisihan.

“ dari pendaftaran terakhir di sekretariat panitia kejuaraan Sawahlunto derby, khusus kelas 3 tahun Derby sudah mendaftar sebanyak 19 ekor kuda peserta. Tentu akan digelar babak penyisihan guna meloloskan 12 ekor kuda peserta” kata Irsal Jum’at (4/11/2022)

Lebih jauh Irsal menjelaskan untuk penyelenggaraan babak penyisihan panitia penyelenggara akan menyerahkan pelaksanaanya kepada Dewan stewart, baik tahapan pengukuran kuda, drawing kelas dan pelaksanaan pacuan.

Data sementara yang disampaikan Kepala Sekretariat pendaftaran kejuaraan Sawahlunto Derby Arifin Ahmad, kuda peserta pacuan kelas 3 tahun Sawahlunto Derby adalah 1. Nilam bukati, 2. Naresha Bukati, 3. Alena Queen, 4.King Hector, 5.Venetian Star, 6. Al Qawi, 7.Ratu Aquila, 8. King Osaka 347, 9. Aero dupont, 10. Queen Ramona, 11. Silver Kandi, 12. Talago Queen, 13. Bidadari Minang, 14. Al Hadid Hanania, 15. Great Gaga Sumbar, 16. Dae Gaga Sumbar, 17. Anggun Pabasko, 18. Santana Gold dan 19. Mentari Nagari.

Terkait pelaksanaan kejuaraan itu, Ketua Bidang Pacuan Panitia Pelaksana Sawahlunto Derby Adrius Putra menjelaskan akan mempersiapkan kejuaraan dalam rangka Hari jadi Kota Sawahlunto ke 134 ini.

“ dari kejuaraan Sawahlunto Derby nanti akan menjadi tolak ukur atau upaya dalam mempersiapkan Gelanggang Pacuan Kuda Kandi sebagai tuan rumah penyelenggaraan Kejurnas pacuan Kuda Pordasi 2023 seri I dan II serta Pra PON Aceh Sumut 2024 “ kata Adrius

Adrius Putra yang juga Kepala Dinas Kepala Dinas Perumahan, Kawasan Permukiman, Pertanahan dan Lingkungan Hidup Kota Sawahlunto itu menambahkan guna kesiapan pelaksanaan kejuaraan mendatang, Wali Kota Sawahlunto Deri Asta yang juga ketua Pordasi Sumbar terus memantau peningkatan sarana prasarana dengan mengunjungi gelanggang Kandi.

“ tentunya, sukses penyelenggaraan kejuaraan di Gelanggang Kandi ini tak terlepas dari dukungan semua pihak dan kerjasama yang baik dalam penyelenggaraan” harapnya. (T.Ab)