Masuki Tahapan Verfak Parpol, KPU Sawahlunto Gelar Sosialisasi kepada Media

More articles

spot_img

Sawahlunto, Investigasi.news – Tahapan verifikasi faktual (verfak) partai politik (parpol) calon peserta Pemilu Serentak 2024, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Sawahlunto menggelar kegiatan sosialisasi kepada media. Kegiatan itu digelar di Gedung Pusat Kebudayaan Kota Sawahlunto, Senin (17/10/2022).

Ketua KPU Kota Sawahlunto Fadlan Armay menyatakan saat ini telah memasuki tahapan Verfak Parpol dan KPU Sawahlunto sengaja melakukan sosialisasi kepada awak media yang ada di kota ini guna menyukseskan tahapan tersebut.

“ Bagi KPU Kota Sawahlunto kerjasama dan kemitraan dengan media sangat penting dalam mensosialisasikan tahapan pemilu serta suksesnya pemilu 2024 mendatang” kata Fadlan

Lebih jauh dia berharap kerjasama yang selama ini telah berjalan dengan baik harus tetap ditingkatkan agar sukses pemilu yang demokratis, luber dan jurdil dapat tercapai.

Devisi Teknis Penyelenggara Pemilu KPU Kota Sawahlunto Jasmadi menambahkan tujuan dari verfak oleh KPU RI terhadap 9 parpol non parlemen yang di antaranya 6 parpol tak lolos parliamentary threshold (PT) di Pemilu 2019 dan 3 parpol baru yang dinyatakan lolos tahapan verifikasi administrasi.

“Verifikasi faktual ini mencocokkan kebenaran dokumen dengan kebenaran factual. Seperti kecocokan KTP dan KTA serta sekretariat kantor parpol yang diajukan DPP”, ujar Jasmadi pada sosialisasi yang juga dihadiri Komisoner KPU Sawahlunto, Akhaswita, Desy Fardila dan Rika Arnelia

Lebih jauh Jasmadi menyampaikan untuk Kota Sawahlunto ada 8 parpol yang tak lolos parliamentary threshold (PT) di Pemilu 2019 dan 3 parpol baru yang dinyatakan lolos tahapan verifikasi administrasi.

“ kedepan parpol itu adalah PBB, PSI, Hanura, Perindo, Partai Garuda, Partai Gelora, Partai Buruh dan Partai Ummat” pungkasnya. (T.Ab)

spot_img
spot_img
spot_img
spot_img

Latest

spot_img