Pemko Sawahlunto Turunkan 3 Alat Berat, Jalan Longsor Mulai Bisa Dilalui Kendaraan

More articles

spot_img

Sawahlunto, investigasi.news- Akses jalan dari Desa Kubang Tangah dan sekitarnya menuju pusat Kota Sawahlunto sudah mulai bisa dilewati kendaraan pada Minggu 02 April 2023, sebelumnya akses jalan sempat tertutup total karena dilanda tanah longsor pada Sabtu 01 April 2023.

Kepala Badan Penanggulanan Bencana Daerah (BPBD) Kota Sawahlunto Dedi Ardona menyampaikan pihaknya bersama Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) dan didukung Dinas Perumahan Kawasan Permukiman Pertanahan dan Lingkungan Hidup (DPKP2LH) bergerak maksimal untuk membuka kembali akses jalan tersebut sehingga mulai hari ini (Minggu 02 April 2023) dapat dilalui kendaraan baik roda dua maupun roda empat.

“Perkembangan pembukaan jalan oleh personel kita yaitu setelah kejadian pada Sabtu sekitar jam 01.40 WIB, kemudian selepas Subuh personel kita sudah turun dan mulai bekerja, sehingga siang harinya sudah bisa dibuka akses darurat untuk dilalui kendaraan roda dua. Nah pada hari ini kita selesaikan pekerjaan menyingkirkan material tanah dan batu yang menutupi jalan agar sekitar sore nanti sudah bisa dilalui kendaraan roda empat,” kata Dedi Ardona.

Disebut Dedi, awalnya diprediksi jalan tersebut baru bisa dibuka untuk kendaraan roda empat setelah tiga hari pekerjaan, namun berkat dukungan semua pihak akhirnya dapat diselesaikan lebih cepat.

“Memang material longsornya besar, sekitar seribu meter kubik yang menutupi badan jalan, sehingga kita sempat memperhitungkan secara normal perlu proses pembukaan jalan sampai tiga hari. Kemudian sesuai arahan pak Wako dan Wawako agar dipacu pekerjaannya sehingga jalan bisa dibuka secepat mungkin, kita bahu membahu bersama, jadi Alhamdulillah bisa selesai lebih cepat dari perkiraan,” kata Dedi.

Dedi merinci saat ini personel BPBD dan DPUPR yang diterjunkan berkekuatan 10 orang, ditambah beberapa personel dari DPKP2LH.

“Untuk alat berat kita turunkan tiga unit, yakni dua unit PC dari DPUPR dan satu unit PC mini dari BPBD. Ditambah beberapa unit truk untuk mobilisasi membuang tanah, untuk truk ini turut didukung oleh truk dari DPK2LH,” ujar Dedi merinci.

Wakil Wali Kota Sawahlunto Zohirin Sayuti yang datang langsung meninjau lokasi longsor pada Minggu 02 April 2023 mengatakan Pemko berkomitmen memberikan upaya maksimal dalam mempercepat pembukaan akses jalan pasca longsor tersebut.

“Masyarakat sangat membutuhkan akses jalan ini, kita paham itu sehingga kita minta kepada perangkat daerah terkait supaya mencari cara bagaimana agar paling lama dalam dua hari jalan bisa dilewati kembali. Alhamdulillah tim kita yang bertugas di lapangan bisa menindaklanjuti itu sehingga pada hari kedua ini sudah mulai bisa dilalui kendaraan roda empat,” kata Wawako Zohirin.

Wawako Zohirin Sayuti menyampaikan apresiasi dan terima kasih kepada para personel dari OPD terkait yang telah bekerja keras di lapangan untuk mempercepat pembukaan akses jalan itu.

Kepala Desa Kubang Tangah Rice menceritakan longsor tersebut terjadi pada ruas jalan utama yang menghubungkan antara Desa Kubang Tangah, Desa Pasar Kubang dan Desa Lunto menuju ke pusat Kota Sawahlunto, dengan lokasi tepatnya di Dusun Batu Tajam atau di dekat Puskemas Pembantu (Pustu) Batu Tajam.

“Tidak ada korban dalam kejadian, namun material tanah longsor sudah hampir mengenai satu warung dan rumah masyarakat. Karena tertutup totalnya akses jalan pada hari pertama kemaren (Sabtu 01 April 2023), sehingga untuk kendaraan roda empat itu kita arahkan menggunakan jalan alternatif melalui Desa Pasar Kubang-Silungkang,” ujar Rice merinci.

Rice menyampaikan apresiasi dan terima kasih kepada Pemko Sawahlunto dan semua pihak lain yang telah terlibat mendukung penanggulangan longsor di jalan tersebut sehingga jalan kembali bisa diakses kendaraan. (Prokopim)

spot_img

Latest

spot_img