Pemko Sawahlunto Tandatangani Kesepakatan Dengan Direktorat Jenderal Binalavotas

More articles

spot_img
Sawahlunto, investigasi.news-Pemko Sawahlunto bersama mitra industri menandatangani kesepakatan dengan Direktorat Jenderal Pembinaan Pelatihan Vokasi Dan Produktivitas (Binalavotas) Kementerian Tenaga Kerja untuk mempercepat pembangunan workshop pelatihan vokasi otomotif alat berat, pada Kamis 17 Mei 2023 di Jakarta.

Penandatanganan kesepakatan itu disaksikan langsung oleh Menteri Tenaga Kerja RI Ida Fauziyah dan Wakil Menteri Ketenagakerjaan Afriansyah Noor.

Wali Kota Sawahlunto Deri Asta menyampaikan sebelumnya Pemko Sawahlunto telah menghibahkan tanah seluas tiga hektar di Parambahan Desa Batu Tanjung Kecamatan Talawi kepada Kemnaker untuk dibangun workshop pelatihan vokasi otomotif alat berat.

“Keberadaan workshop ini akan memberikan manfaat besar bagi Sawahlunto, tidak hanya dalam membantu peningkatan skill/kompetensi dari calon-calon tenaga kerja namun juga bisa memberikan manfaat lain seperti untuk menumbuhkan ekonomi karena workshop ini akan mengumpulkan peserta yang berasal dari banyak Provinsi di pulau Sumatera,” kata Wali Kota Deri.

Menurut Wali Kota Deri Asta, workshop di Parambahan istimewa karena termasuk dalam Satuan Pelayanan Pendidikan Vokasi dan Produktifitas Balai Latihan Kerja (BLK) Kemnaker yang ditetapkan baru ada tiga di Indonesia, yaitu di Samarinda untuk Kalimantan, Tarnate untuk Sulawesi dan Sawahlunto untuk Sumatera.

“Jadi ini workshop otomotif alat berat Kemnaker yang pertama di Sumatera,” kata Wali Kota Deri.

Sementara Dirjen Binalavotas Kemnaker Budi Hartawan menyebut workshop tersebut disiapkan mencetak operator dan teknisi alat berat yang bersertifikasi dan siap bekerja di perusahaan.

“Workshop ini merupakan bagian dari program pelatihan Balai Pelatihan Vokasi dan Produktivitas (BPVP) Padang. Kemnaker bangga bisa berperan penting dalam membantu Sawahlunto khususnya dalam mendorong kemajuan dan kompetensi tenaga kerja,” kata Budi.

Dalam kesempatan tersebut juga dilakukan secara simbolis pemberian bantuan atau dukungan dari 11 mitra ini. Prokopim

spot_img
spot_img
spot_img
spot_img

Latest

spot_img