Pramuka Saka Kalpataru Kwarcab Sawahlunto Dukung HMPI di TPA Kayu Gadang

Saka Kalpataru Kwarcab 11 Kota Sawahlunto Dukung HMPI di Kayu Gadang. (Foto: T.Ab)

Sawahlunto, Investigasi.news – Pramuka Satuan Karya (Saka) Kalpataru Kwartir Cabang (Kwarcab) 11 Kota Sawahlunto ikut mendukung Hari Menanam Pohon Indonesia (HMPI). Kegiatan yang mengambil momen Bulan Menanam Pohon Nasional (BMPN), Kementerian BUMN, Kamis (1/12/2022) itu digelar di TPA Kayu Gadang kota Sawahlunto..

Bulan Menanam Pohon Nasional (BMPN), Kementerian BUMN menginisiasi penanaman pohon secara serentak di enam titik Indonesia yakni Bakauheni-Lampung, DAS Ciliwung-Jakarta, Kebumen, Semarang , Magelang di Jawa Tengah dan Kota Sawahlunto-Sumatera Barat. Di Kota Sawahlunto digelar di Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Kayu Gadang kecamatan Barangin.

Wakil Walikota Sawahlunto Zohirin Sayuti sangat apresiasi kegiatan itu dan berharap kepada BUMN terus mendukung peningkatan perekonomian di kota ini.

“ perlu terus digiatkan pemanfaatan lahan bekas tambang yang dapat meningkatkan perekonomian masyarakat kota ini” kata Zohirin Sayuti yang juga Ketua Kwarcab 11 Kota Sawahlunto .

Kepala Dinas Perumahan Kawasan Permukiman Pertanahan dan Lingkungan Hidup (DPKP2LH), Adrius Putra menerangkan kegiatan Bulan Menanam Pohon Nasional berkolaborasi dengan BUMN di TPA Kayu Gadang ini menanam bibit pohon buah terdiri dari kelengkeng, jambu, jamaica, nangka dan durian.

“ Disamping diikuti PT Bukit Asam juga terlibat, Bank Mandiri, Telkomsel, PT PLN PLTU Ombilin Sijantang, BNI menanam bibit bantuan MIND ID PT Bukit Asam ini juga melibatkan generasi muda pramuka Satuan Karya Kalpataru “ kata Adrius

Usai penanaman Wawako Sawahlunto, Direktur Pengembangan Usaha PT Bukit Asam Rafli Yandra, GM PT Bukit Asam Ombilin Yulfaizon, GM PT Bukit Asam Kertapati Palembang Hengki Burmana dan jajaran BUMN di kota ini terlibat diskusi dan pengarahan Menteri BUMN Erick Thohir yang berada di Lampung secara virtual.

Pimpinan Saka Kalpataru Kota Sawahlunto Heantomas berharap keikutsertaan Saka Kalpataru dalam kegiatan HMPI ini bisa jadi motivasi semangat dalam melestarikan lingkungan hidup

“ terima kasih adik-adik Saka Kalpataru Kota Sawahlunto yang telah mendukung kegiatan ini dan juga menjadi pelopor lingkungan bersih dan sehat dilingkungan masyarakat” harapnya. (T.Ab)