Bupati H. Khairunas Buka Musrenbang di Sungai Pagu

More articles

spot_img

Padang Aro, investigasi.news-Pelaksanaan Musyawarah Perencanaan Pembangunan Tingkat Kecamatan di Kabupaten Solok Selatan terus bergulir. Saat ini sudah masuk pelaksanaan hari kelima yang dilaksanakan di Kecamatan Sungai Pagu.

Acara ini dibuka langsung oleh Bupati Solok Selatan didamping oleh Wakil Bupati, Sekretaris Daerah, dan jajaran Kepala OPD dan Camat. Selain itu juga dihadiri oleh Forkopimcam, Wali Nagari, dan tokoh masyarakat di Kantor Camat Sungai Pagu, Rabu (22/2/2023).

Dalam sambutannya, Bupati H. Khairunas menyampaikan bahwa Sungai Pagu merupakan kecamatan dengan pembangunan ekonomi yang cukup tinggi. Untuk itu perlu dilanjutkan beberapa pembangunan di tahun ini.

“Kecamatan Sungai Pagu merupakan Kecamatan yang memiliki pertumbuhan ekonomi yang cukup tinggi dibandingkan beberapa Kecamatan lainnya. Untuk terus mendorong perkembangan itu, di Tahun 2023 ini pemerintah daerah melanjutkan beberapa pembangunan infrastruktur pada Kecamatan Sungai Pagu,” kata Khairunas siang ini.

Bupati pun memaparkan beberapa rencana pembangunan di kecamatan tersebut yakni peningkatan Jalan Pasar Lama–Pasar Baru Muaralabuh dengan anggaran sebesar Rp 3 miliar. Kemudian lanjutan pengembangan RTH Muara Labuh sebesar Rp 1 miliar dan pengembangan Kawasan Saribu Rumah Gadang dan Menara Songket sebesar Rp 500 juta.

“Pada kesempatan ini, saya atas nama pribadi dan pemerintah daerah mengucapkan terimakasih yang tak terhingga kepada seluruh tokoh masyarakat dan ninik mamak yang telah menyerahkan tanah untuk RTH Muara Labuh dan Gedung Nasional,” kata Bupati.

Disampaikan bahwa saat ini pemerintah kabupaten dengan melakukan pengaturan tata ruang untuk kawasan tersebut. Diharapkan pembangunannya bisa dilakukan dalam waktu dekat.

Pembangunan ini ditujukan untuk mendukung pertumbuhan UMKM yang ada di sekitar kawasan tersebut.

“Untuk menghubungkan pusat pertumbuhan, beberapa waktu lalu kita mengunjungi Balai Pelaksanaan Jalan Nasional, dan kita meminta agar Balai Jalan dapat membantu kita melakukan pelebaran jalan nasional dari Muara Labuh menuju Padang Aro, dari tahun 2022 yang lalu sudah kita mulai dan akan kita lanjutkan di tahun 2023 ini,” paparnya.

Sementara itu, untuk perencanaan di tahun depan saat ini Bupati, Wakil Bupati, bersama dengan jajaran menjemput langsung aspirasi masyarakat melalui Musrenbang yang akan dilaksanakan hari ini. Ini ditujukan untuk menghimpun aspirasi masyarakat dan menentukan rencana prioritas pembangunan yang akan dilaksanakan tahun depan.

Dalam kesempatan yang sama, Ketua DPRD Solok Selatan dalam hal ini diwakili oleh Wakil Ketua DPRD Solok Selatan Armen Syahjohan menyampaikan Musrenbang ini merupakan wujud dari perencanaan yang berasal dari usulan masyarakat. Hasilnya nanti akan disaring dan dibahas pada Musrenbang Tingkat Kabupaten.

Perencanaan yang akan dilaksanakan ini akan ditentukan berdasarkan skala prioritas pembangunan dan kemampuan keuangan daerah.

“Kami sebagai representasi masyarakat mengharapkan usulan kegiatan yang akan dimasukkan nanti betul-betul dapat memberikan manfaat bagi masyarakat, khususnya di Kecamatan Sungai Pagu dan Kabupaten Solok Selatan pada umumnya,” terang Armen.

Untuk itu diharapkan masukan dari masyarakat ini diharapkan bisa menjadi solusi untuk menyelesaikan permasalahan yang terjadi di tengah masyarakat, baik fisik maupun non-fisik. (DENO)

spot_img

Latest

spot_img