Bupati H. Khairunas : PKK Berperan Ciptakan SDM Solsel yang Berkualitas

More articles

spot_img

Padang Aro – investigasi.News – Pemerintah Kabupaten Solok Selatan mengharapkan pelaksanaan kegiatan dan program TP-PKK di kabupaten bisa sejalan dengan misi pemerintah dalam menciptakan sumber daya manusia yang berkualitas dan berdaya saing.

Hal ini disampaikan Bupati Solok Selatan H. Khairunas selaku Pembina TP-PKK dalam kegiatan Pencanangan Bulan Bakti Dasawisma dan Peringatan Hari Kesatuan Gerak (HKG) PKK ke-51 Tingkat Kabupaten Solok Selatan, di Aula Sarantau Sasurambi Kantor Bupati Solok Selatan, Senin (20/3/2023).

“Menciptakan SDM yang berkualitas dan berdaya saing merupakan misi Pemerintah Kabupaten Solok Selatan dan PR besar dimana saat ini masih harus diupayakan SDM yang berkualitas danberdaya saing kuat melalui berbagai realisasi program dan kegiatan yang memiliki korelasi erat dan tujuan PKK yakni memberdayakan keluarga melalui 10 Pokok Program PKK,” kata Khairunas.

Menurut Bupati, SDM yang berkualitas berasal dari keluarga yang berkualitas pula. Untuk itu dibutuhkan sinergi antara PKK dengan seluruh pemangku kepentingan agar mampu mendorong percepatan realiasi pengembangan SDM yang unggul di Solok Selatan.

Khairunas juga mengapresiasi upaya dari pengurus PKK kabupaten hingga nagari yang telah mulai melakukan pendataan seluruh Dasawisma yang ada. Data ini nantinya akan dijadikan sebagai dasar dalam melakukan pembinaan oleh pemerintah.

Dalam kesempatan yang sama, Ketua TP-PKK Solok Selatan Erniati Khairunas menyebutkan upaya untuk mewujudkan dan meningkatkan kesejahteraan keluarga dilakukan berkesinambungan dengan keuletan, kemauan, dan kesungguhan para kader PKK melalui dari jorong, nagari, sampai tingkat nasional, dengan beragam gerak dan prestasinya.

“Sehingga hari ini saya berani kataka bahwa hakekat 10 Program Pokok PKK sangatlah membantu pemerintah daerah dalam mewujudkan keluarga yang sejahtera dan berbudaya, yang mana hal tersebut sejalan pula dengan visi Kepala Daerah yaitu mewujudkan masyarakat Solok Selatan yang maju dan sejahtera,” terangnya.

Lebih lanjut, keberadaan dasawisma yang merupakan binaan dari PKK bertujuan untuk membantu kelancaran tugas-tugas pokok serta program PKK yang kegiatanya diarahkan pada peningkatan kesejahteraan keluarga pada kelompoknya.

Keberadaan kelompok ini bertujuan untuk memberikan data akurat mengenai anggota keluarga dalam satu rumah tangga, jumlah penduduk menurut usia dalam masyarakat, jumlah bayi yang perlu diberikan layanan serta bantuan, dan banyak hal lainnya yang telah di data secara lengkap melalui aplikasi SIMSALABIM.

PKK juga telah menyentuh lini terbawah yang ada di masyarakat melalui kegiatan-kegiatannya sehingga sinergitas antar kelompok Dasawisma dengan tim penggerak PKK dan pemerintah daerah dalam rangka meningkatkan pelayanan yang baik kepada masyakat.

“Dengan adanya kelompok Dasawisma ditengah-tengah masyakat yang merupak ujung tombak bagi pelaksanaan keggiatan Tim Pengerak PKK serta Tim Penggerak PKK sebagai mitra kerja Perangkat Daerah Kabupaten Solok Selatan akan sangat memberi masukan yang lebih terarah berdasarkan hasil yang di dapat dari kader Dasawisma,” terangnya.

Ke depan diharapkan terjadi peningkatan peran dan kinerja kader dasawisma dalam merealisasikan tugas pokok serta tanggungjawabnya.

Kegiatan ini dihadiri juga oleh seluruh pengurus PKK di Kabupaten Solok Selatan, Sekretaris Daerah, Ketua Dharma Wanita, Staf Ahli Bupati, Asisten, serta jajaran Kepala OPD. (DenO)

spot_img

Latest

spot_img