Gandeng Icon (+), Pemkab Solsel Dorong BUMNag Buka Usaha Ini

More articles

spot_img

Solok Selatan, investigasi.News – Pemkab Solsel melanjutkan kerjasamanya dengan PT Indonesia Comnet Plus atau Icon (+) Dalam upaya pengentasan blankspot di Solok Selatan. PT. Icon (+) adalah perusahaan penyediaan jaringan yang mencakup pengadaan jaringan, pengembangan, dan pemeliharaan jaringan telekomunikasi.

Menindaklanjuti kerja sama tersebut, Dinas Kominfo Kabupaten Solok Selatan (Diskomnifo Solsel) melakukan sosialisasi pengentasan blankspot melalui infrastruktur jaringan Icon (+) yang ditujukan kepada Camat, Wali Nagari dan BUMNag khususnya pada daerah yang susah sinyal atau Blank Spot, di Aula Tansi Ampek Kantor Bupati Solsel, Jum’at (3/2/2023).

Sekretaris Daerah Kabupaten Solok Selatan, Dr Syamsurizaldi dalam arahannya, memberikan mendukung dan mendorong BUMNag pada daerah sulit sinyal di daerahnya untuk menjadikan telekomunikasi sebagai salah satu unit usaha.

‘’Ini adalah kesempatan usaha baru bidang telekomunikasi, penyediaan jaringan internet untuk daerah sulit sinyal, apalagi pengentasan blankspot ini juga merupakan bagian dari visi dan misi Bupati dan Wakil Bupati kita dalam mewujudkan pembangunan di Solsel,” terang Sekda didampingi Kadis Kominfo Firdaus Firman.

Sementara itu mitra Icon+ di Solok Selatan Rifo Rinaldi, selaku Direktur Utama (Dirut) Jaringan Teman Sejati (JTS) turut menceritakan alasannya bergabung dengan Icon+.

‘’Alasan dasar saya bergerak dalam penyediaan Internet di Solsel, karena ini (internet) sudah menjadi kebutuhan, saat ini rata-rata pengeluaran langganan internet sekitar 150 ribu perbulan, jika diakumulasi untuk kebutuhan satu keluarga itu bisa melebihi kebutuhan pokok,’’ jelasnya.

Untuk turut berkontribusi dalam pengentasan blankspot, dirinya saat ini membuka diri untuk melakukan pendampingan pada nagari-nagari, dalam penyediaan layanan internet, dengan metode kerjasama dengan badan Usaha Milik Nagari (BUMNag).

Dalam sosialisasi ini, Wali Nagari Pakan Rabaa Timur Nasril mengatakan, sebelumnya telah melakukan kerjasama dalam penyedia internet lain di daerahnya, namun selalu ada kendala.

‘’Insha Allah mulai Februari ini akan dilakukan kerjasama dengan Icon (+), dengan berlangganan bandwidth 100 mbps. Dengan perkiraan akan melayani 200 buah rumah pada 4 (empat) jorong, di Nagari yang ia pimpin’’, ungkapnya.

Nasril juga menargetkan, Tahun 2023 ini tidak ada lagi daerah blankspot seluruh jorong yang ada di Nagari Pakan Rabaa Timur.

Sementara itu, Wali Nagari Lubuk Gadang Timur, yang juga Pj Camat Pauh Duo, Bpk Aig Wadenko mengatakan bahwa pihaknya bersama wali nagari lain, akan segera menindaklanjuti rencana kerjasama tersebut. Dirinya juga optimis rencana tersebut akan dapat dieksekusi. (deno)

spot_img

Latest

spot_img