Mantap!! SMP N 1 Solsel Ramaikan CFD dengan Randai Sumbang 12

More articles

spot_img

Solsel, investigasi.News – Program pemerintah Car Free Day (CFD) kembali digelar di Muara Labuh. Dimulai dengan jalan kaki bersama Bupati, Wakil Bupati dan Forkopimda dari Ruang Terbuka Hijau (RTH) Muara Labuh menuju Lapangan Bancau, Menara Songket, Koto Baru.

Antusiasme masyarakat mengikuti CFD ini sangat tinggi, terlihat ribuan peserta mengikuti kegiatan ini.

Bupati Solok Selatan H Khairunas mengatakan CFD di seluruh kecamatan, pada titik keramaian merupakan upaya mendorong UMKM dan menggerakkan ekonomi masyarakat.

Dalam setiap CFD, juga dilaksanakan berbagai layanan pemerintahan seperti kependudukan, kesehatan, KB dan tak lupa penampilan seni oleh pelajar sekolah dasar dan menengah.

Siswa-siswi SMPN 1 Solok Selatan menampilkan pertunjukan kesenian daerah Randai Sumbang 12. Randai merupakan tradisi minangkabau yang dimainkan oleh kelompok pria dan wanita, dalam hal ini siswa Spencai.

Penampilan randai ini sarat dengan pendidikan karakter yang harus diterapkan, dimana Sumbang 12 ini berisi pesan-pesan bertingkah laku bagi perempuan (padusi) di Minangkabau.

“Dari waktu ke waktu kita terus membenahi berbagai aspek pemerintahan, termasuk pelestarian budaya kita seperti yang ditampilkan siswa SMPN 1 Solok Selatan,” kata Khairunas di Kawasan Menara Songket, Minggu (12/02/2023).

Kemudian untuk menjaga dan menarik minat pengunjung untuk mendatangi objek wisata kawasan menara songket, Bupati mengajak warga dan masyarakat sekitar untuk terus menjaga objek wisata ini.

“Mari kita mengawal, menjaga, lestarikan dan kita dukung objek wisata ini,” imbuh Khairunas.

CFD di Kawasan Menara Songket juga turut dihadiri Wakil Bupati Solok Selatan H Yulian Efi, Kapolres, Kajari, Kepala OPD dan jajaran pemerintah daerah. deno

spot_img

Latest

spot_img