Pawai Atraksi Budaya : Tunjukkan Keberagaman Budaya Solok Selatan

More articles

spot_img

Solok Selatan, investigasi.News – Pawai Atraksi Budaya digelar Pemerintah Kabupaten Solok Selatan. Kegiatan ini ditujukan untuk menunjukan keberagaman adat dan budaya di kabupaten ini. 

Sebanyak 42 grup dari sekolah maupun nagari se-Solok Selatan ikut memeriahkan acara pawai budaya dan atraksi di Padang Aro, ibukota Solok Selatan. 

Rombongan pawai ini melakukan perjalanan dengab rute Simpang Harapan dan berakhir di RTH Solok Selatan. Sesampainya di destinasi akhir, para peserta pun memamerkan atraksinya di depan Bupati, Wakil Bupati, dan jajarannya.

Kegiatan ini menjadi salah satu acara dari rangkaian perayaan HUT ke-19 Kabupaten Solok Selatan.

Bupati Solok Selatan H. Khairunas menyampaikan apresiasinya kepada seluruh peserta pawai dari seluruh pelosok kabupaten. Kehadiran dan penampilan ini disebut telah menunjukkan keberagaman Solok Selatan yang nyata sekaligus sebagai perekat bagi masyarakat. 

“Melalui kegiatan pawai atraksi budaya ini bisa mencerminkan indahnya persatuan dan kesatuan, indahnya perbedaan di Solok Selatan. Tetap dengan satu tujuan untuk membawa Solok Selatan yang maju dan sejahtera,” kata Khairunas pada penutupan kegiatan di RTH Solok Selatan, Jumat (6/1/2023). 

Bupati pun menegaskan, seluruh rangkaian peringatan HUT ke-19 Solok Selatan ini dilaksanakan untuk mengajak masyarakat ikut merasakan dan terlibat dalam perayaan ini. 

“Selama satu bulan penuh pemerintah kabupaten dan masyarakat mengadakan banyak kegiatan untuk menyambut hari jadi kabupaten ini. Semua kebudayaan di Solok Selatan ditunjukkan, menampilkan kebhinekaan di Solok Selatan,” tandasnya. 

Beberapa atraksi budaya yang ditampilkan antara lain prosesi manyalang, maarak marapulai dan anak daro, Manjapuik Anak Pisang, Manjalang Mintuo, Manjalang Mamak, babak, buarak malam serta budaya lokal nagari yang mengangkat tema tertentu seperti kematian, tujuh bulanan dan banyak lainnya.

Adapun kegiatan ini adalah acara pamungkas yang melibatkan masyarakat jelang dihelatnya malam puncak resepsi HUT yang akan dilaksanakan pada Sabtu (7/1/2023) besok. (DENO)

spot_img

Latest

spot_img