Peringati Hari Pendidikan Nasional, Pemkab Solok Selatan Gelar Upacara

More articles

spot_img

 

Padang Aro, investigasi.News – Pemerintah Kabupaten Solok Selatan melaksanakan upacara peringatan Hari Pendidikan Nasional 2023. Upacara ini dihadiri oleh seluruh ASN, guru, dan perwakilan siswa di lingkungan pemerintah kabupaten.

Pelaksanaannya dilakukan di Aula Sarantau Sasurambi Kantor Bupati Solok Selatan, Selasa (2/5/2023).

Dalam sambutan Bupati H. Khairunas, yang membacakan pidato Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi, disampaikan bahwa Hari Pendidikan Nasional tahun ini adalah waktu untuk merefleksikan kembali tantangan dan langkah yang telah dilakukan.

“Hari Pendidikan Nasional tahun ini adalah waktu yang tepat bagi kita semua untuk merefleksikan kembali setiap tantangan yang sudah dihadapi, juga setiap jengkal langkah berani yang sudah diambil,” kata Khairunas pagi ini.

“Dengan merefleksikan hal-hal yang telah kita lakukan sepanjang tiga tahun terakhir, kita dapat merancang arah perjalanan kita ke depan guna memastikan keberlangsungan dan keberlanjutan gerakan Merdeka Belajar,” terangnya.

Dalam menghadapi tantangan tersebut, telah banyak upaya yang telah dilakukan oleh pemerintah, salah satunya dengan membuat sejarah baru dengan gerakan Merdeka Belajar.

“Sebanyak 24 episode Merdeka Belajar yang sudah diluncurkan membawa kita semakin dekat dengan cita-cita luhur Ki Hadjar Dewantara, yaitu pendidikan yang menuntun bakat, minat, dan potensi peserta didik agar mampu mencapai keselamatan dan kebahagiaan yang setinggi-tingginya sebagai seorang manusia dan sebagai anggota masyarakat,” terangnya.

Selain itu, saat ini peserta didik bisa belajar dengan lebih tenang karena aktivitas pembelajaran mereka dinilai secara lebih holistik oleh gurunya sendiri. Para kepala sekolah dan kepala daerah yang dulu kesulitan memonitor kualitas pendidikannya pun sekarang dapat menggunakan data Asesmen Nasional di Platform Rapor Pendidikan untuk melakukan perbaikan kualitas layanan pendidikan.

Untuk itu, pemerintah menghimbau agar upaya yang sudah dilakukan ini jangan terhenti sampai di sini saja. Perlu upaya bersama dari seluruh pendidik dan tenaga kependidikan, seniman dan pelaku budaya, juga peserta didik di seluruh penjuru Nusantara untuk melanjutkannya.

“Perjalanan harus kita lanjutkan, perjuangan mesti kita teruskan, agar semua anak bangsa merasakan kemerdekaan yang sebenar-benarnya dalam belajar dan bercita-cita,” tandasnya. (DENO)

spot_img

Latest

spot_img