Penyusunan RKPD 2024, Bupati Solok Selatan: mengacu RPJMD dan pro rakyat

More articles

spot_img

 

Padang Aro, investigasi.News – Bupati Solok Selatan, Sumatera Barat, Khairunas mengingatkan agar perangkat daerah dalam menyusun rencana kerja 2024 mengacu pada Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) 2021-2026.

“Dalam kaitan kesesuaian dokumen perencanaan dengan RPJMD, saya tegaskan kepada semua kepala perangkat daerah agar tepat waktu dalam mengajukan dokumen-dokumen perencanaan, sehingga penjadwalan perencanaan yang muaranya adalah RAPBD tidak terhambat dan tidak terlambat pengesahannya,” katanya saat pembukaan forum konsultasi publik rancangan awal RKPD Kabupaten Solok Selatan 2024, di Padang Aro, Rabu.

Dia mengatakan, program dan kegiatan yang akan dilaksanakan pada 2024 benar-benar prioritas dan bisa diselesaikan dalam satu tahun anggaran atau minimal selesai hingga penghujung periode RPJMD.

Kemudian konsep dalam membangun harus berdasarkan kebutuhan, bukan keinginan.

“Jangan sampai ada program kegiatan yang telah direncanakan tidak bermanfaat untuk masyarakat serta jangan pula menggunakan prinsip pemerataan yang berdasarkan tugas dan fungsi kelembagaan SKPD,” ujarnya.

Dia menjelaskan, kondisi pendapatan daerah terbatas dan tingkat ketergantungan daerah dalam pembiayaan pembangunan terhadap dana transfer baik dari pemerintah pusat maupun provinsi cukup besar.

Untuk itu ia mengajak kepada seluruh kepala OPD untuk meningkatkan efisiensi dan efektifitas dalam penggunaan anggaran serta memprioritaskan pelaksanaan program dan kegiatan di dalam daerah.

“Selalu berinovasi dalam meningkatkan pelayanan kepada masyarakat serta terus berupaya memaksimalkan pendanaan pembangunan lainnya melalui DAK, program Provinsi dan pusat serta peluang lainnya yang dibolehkan oleh peraturan perundang-undangan,” katanya.

Menurut dia, seberapa baik dan kualitasnya sebuah perencanaan apabila tidak ada komitmen dan kebersamaan untuk melaksanakannya maka mustahil tujuannya bisa tercapai.

“Kita harus dalam jalur perencanaan yang mengacu kepada RPJMD dan memastikan pembangunan yang pro rakyat,” ujarnya. (deno)

spot_img

Latest

spot_img