Resmikan Pujasera Dan Sentra Kuliner di Muara Labuh, Bupati H Khairunas : Ini Upaya Pengembangan UMKM dan Ekonomi Kerakyatan

More articles

spot_img

Muara Labuh, investigasi.News – Pemerintah Kabupaten Solok Selatan meresmikan Pusat Kuliner Serba Ada (Pujasera) dan Sentra Kuliner RTH Solok Selatan di Muara Labuh.

Peresmian oleh Bupati H Khairunas bersama Wabup H Yulian Efi, Ketua DPRD Zigo Rolanda, Forkopimda, Sekdakab, Kepala OPD beserta jajaran pemerintahan, yang dihadiri ratusan pengunjung pada Sabtu petang, 18 Maret 2023.

Kehadiran Pujasera dan Sentra Kuliner RTH Solok Selatan di Muara Labuh, diharapkan dapat meningkatkan ekonomi masyarakat. Hal tersebut merupakan implementasi visi misi kedua pemerintah daerah, yaitu Pemberdayaan Ekonomi Kerakyatan dan Peningkatan Daya Saing Daerah. Terutama pada titik-titik atau sentra pertumbuhan, perdagangan, ekonomi di Solok Selatan yang salah satunya di RTH Solok Selatan di Muara Labuh.

Bupati Solok Selatan H Khairunas dalam keterangannya menyatakan agar kita semua merubah paradigma terkait pengembangan dan perubahan yang dilakukan, seperti bagaimana menarik pengunjung ke Pujasera dan Sentra Kuliner.

“Mari ubah paradigma kita di Solok Selatan, ketika orang datang berkunjung jangan “palak” (red : harga tidak wajar), oleh orang yang tidak bertanggungjawab, termasuk dagangan nya yang ada disini harganya harus standar,” tegas Khairunas.

Khairunas juga turut menjelaskan bahwa Pujasera dan Sentra Kuliner tersebut merupakan bagian dari pengembangan RTH di Muaralabuh. Juga sebagai salah satu pusat keramaian dan pusat kuliner Kabupaten Solok Selatan, tujuannya adalah untuk mendukung keberadaan UMKM dan peningkatan ekonomi kerakyatan.

“Sebagai pemerintah daerah kami tentu menciptakan peluang-peluang, membangun infrastruktur dan fasilitas. Untuk itu kita saling menjaga fasilitas ini, menjaga keamanan, ketertiban dan kebersihan sehingga pengunjung nyaman untuk berwisata kuliner,” katanya.

Lebih lanjut Khairunas juga berpesan kepada pelaku UMKM agar terus meningkatkan mutu dan kualitas produknya, jangan berhenti untuk berinovasi, karena perkembangan teknologi sekarang dapat dimanfaatkan untuk melakukan pemasaran produk.

Terkait pengembangan RTH di Muaralabuh, Bupati menyampaikan untuk tahun 2023 ini telah disediakan anggaran sebesar 1,1 Milyar. Khusus untuk pedagang Pujasera juga akan diberikan bantuan gerobak dan fasilitas lainnya agar kedepan lebih rapi dan seragam.

Dikesempatan yang sama, Ketua DPRD Solok Selatan, Zigo Rolanda mengapresiasi jajaran pemerintah Kabupaten Solok Selatan, terutama
Dinas Lingkungan Hidup dan Dinas Perindagkop.

“Kehadiran Pujasera dan Sentra Kuliner adalah bentuk kepedulian pemerintah, penciptaan wira usaha baru,” kata Zigo.

Pemerintah Daerah telah memberikan fasilitas tersebut bagi kita bersama, bagi pedagang yang berjualan.

“Untuk itu kita harus berkomitmen untuk menjaga Sentra Kuliner ini,” imbuhnya.

Setidaknya ada sekitar 41 pedagang yang menempati lokasi Pujasera di Kawasan RTH di Muara Labuh. (DenO).

spot_img
spot_img
spot_img
spot_img

Latest

spot_img