Solsel Bersiap Jadi Tuan Rumah Uda Uni Sumbar 2023

More articles

spot_img

Padang Aro, investigasi.news-Pemerintah Kabupaten Solok Selatan bersiap untuk menjadi tuan rumah penyelenggaraan malam puncak pemilihan duta pariwisata Sumatera Barat atau Uda Uni Sumbar. Ini merupakan perhelatan kedua Uda Uni di luar Kota Padang.

Sekretaris Daerah Solok Selatan Dr. Syamsurizaldi mengatakan pembahasan sejak jauh hari ini untuk memaksimalkan persiapan Solok Selatan sebagai tuan rumah, sebab sebelumnya belum pernah menyelenggarakan even yang serupa.

“Berikutnya di forum ini kesempatan baik Solok Selatan untuk melakukan evaluasi dan minta masukan karena sebelumnya belum berpengalaman menjadi tuan rumah,” kata Syamsurizaldi saat membuka rapat di Aula Tangsi Ampek, Kantor Bupati Solok Selatan, Selasa (21/2/2023).

Lebih lanjut, dalam rapat ini nantinya akan disampaikan paparan rencana pelaksanaan dari Dinas Pariwisata Provinsi Sumatera Barat. Selain itu juga akan dibahas mengenai persiapan dan gambaran kontribusi dari masing-masing OPD yang akan terlibat dalam pelaksanaan kegiatan tersebut.

“Rapat pertama akan mendengarkan Paparan rencana kegiatan Dinas Pariwisata Provinsi Sumatera Barat Tahun 2023,” jelasnya.

Lebih lanjut, Kadis Pariwisata Sumbar yang diwakili Kepala Bidang Pemasaran Pariwisata Asril mengatakan Solok Selatan terpilih menjadi tuan rumah perheletan ini setelah ditetapkan usai malam puncak Uda Uni tahun lalu.

Asril menyebutkan bahwa pelaksanaan kegiatan ini nantinya tidak akan membebani kabupaten/kota sebagai tuan rumah, sebab anggaran akan disediakan oleh Dinas Pariwisata Provinsi. Tahun ini anggaran senilai kurang lebih Rp 500 juta telah disiapkan untuk menyukseskan acara tahunan tersebut.

Puncak Uda Uni ini nantinya tidak hanya sekedar pemilihan duta pariwisata saja, namun sekaligus menjadi ajang promosi wisata yang ada di daerah tuan rumah. Sebab banyak tamu yang nantinya akan diundang, baik dari provinsi maupun dari pusat.

“Dalam penyelenggaraan Uda Uni Sumatera Barat 2023, pemerintah provinsi akan mengundang seluruh Duta Wisata se-Indonesia. Tinggal bagaimana kesiapan kita semua,” imbuhnya.

Rencananya kegiatan ini akan dilaksanakan di destinasi wisata unggulan dari daerah tuan rumah, namun juga akan mempertimbangkan masukan dari daerah tersebut.

Sedangkan untuk waktu pelaksanaan akan menyesuaikan dengan daerah tuan rumah. Mengingat pada November 2023 nanti Solok Selatan akan menjadi tuan rumah pelaksanaan MTQ Tingkat Provinsi maka waktunya akan dipilih menjelang acara tersebut.

“Jadi diharapkan sebelumnya MTQ,” imbuh Asril

Rapat ini diikuti oleh perwakilan dari Dinas Pariwisata Sumatera Barat. Sedangkan dari Solok Selatan diwakili oleh beberapa OPD terkait, seperti BPKD, Bappeda, Dinas Perindagkop dan UKM, Dinas Perkim, LH, dan Perhubungan, Dinas Kominfo, PolPP dan Damkar, serta Sekretariat Daerah. (DENO)

spot_img

Latest

spot_img