Harga Minyak Kian Merosot

More articles

spot_img

New York, Investigasi.news – Harga minyak berjangka kembali merosot pada akhir perdagangan Selasa (Rabu pagi WIB), memperpanjang penurunan sesi sebelumnya setelah Badan Energi Internasional (IEA) mengatakan varian virus corona Omicron akan menghambat pemulihan permintaan global.

Minyak mentah Brent untuk pengiriman Februari tergelincir 69 sen atau 0,9 persen, menjadi menetap di 73,70 dolar AS di London ICE Futures Exchange. Minyak mentah West Texas Intermediate (WTI) AS untuk pengiriman Januari turun 56 sen atau 0,8 persen, menjadi ditutup di 70,73 dolar AS per barel di New York Mercantile Exchange.

Data AS menunjukkan harga-harga produsen di level tertinggi 11 tahun memperkuat ekspektasi pasar tentang pengurangan stimulus yang lebih cepat oleh Federal Reserve, yang bertemu minggu ini. Hal ini mendukung dolar dan membebani minyak, yang biasanya bergerak terbalik.

Dolar AS bertahan di dekat level tertinggi satu minggu pada Selasa (14/12/2021) terhadap sejumlah mata uang utama lainnya, didukung oleh data harga-harga produsen.

“Karena beberapa percepatan tapering Fed menjadi lebih mungkin, suku bunga AS cenderung terangkat dalam mendorong kekuatan tambahan ke dalam dolar dalam memaksa pelemahan harga minyak,” kata Jim Ritterbusch, presiden Ritterbusch and Associates LLC di Galena, Illinois.

Pada Selasa (14/12/2021), Organisasi Kesehatan Dunia mengatakan varian Omicron menyebar pada tingkat yang “belum pernah terjadi sebelumnya”, mendorong pasar bergerak lebih rendah.

“Lonjakan kasus baru COVID-19 diperkirakan akan memperlambat sementara, tetapi tidak menaikkan, pemulihan permintaan minyak yang sedang berlangsung,” kata IEA yang berbasis di Paris dalam laporan minyak bulanannya.

Pemerintah-pemerintah di seluruh dunia, termasuk Inggris dan Norwegia baru-baru ini, telah memperketat pembatasan untuk menghentikan penyebaran varian Omicron.

IEA menurunkan perkiraan untuk permintaan minyak tahun ini dan berikutnya masing-masing sebesar 100.000 barel per hari (bph), sebagian besar karena perkiraan pukulan terhadap penggunaan bahan bakar jet dari pembatasan baru perjalanan.

“Langit menjadi gelap untuk prospek kelebihan pasokan lagi,” kata John Kilduff, mitra di Again Capital LLC di New York.

Bank Pembangunan Asia pada Selasa (14/12/2021) memangkas perkiraan pertumbuhannya negara-negara berkembang Asia untuk tahun ini dan selanjutnya untuk mencerminkan risiko dan ketidakpastian yang ditimbulkan oleh varian tersebut, yang juga dapat menghambat permintaan minyak.

Pada Senin (13/12/2021), Organisasi Negara-negara Pengekspor Minyak (OPEC) menaikkan perkiraan permintaan minyak dunia untuk kuartal pertama 2022 dan tetap pada garis waktu untuk kembali ke tingkat penggunaan minyak sebelum pandemi, dengan mengatakan bahwa dampak varian Omicron akan ringan dan singkat.

OPEC+, yang mencakup OPEC dan produsen lainnya termasuk Rusia, berencana untuk meningkatkan pasokan setiap bulan sebesar 400.000 barel per hari (bph) setelah memangkas produksi secara tajam tahun lalu.

Sementara itu, produksi di cekungan serpih AS terbesar diperkirakan akan melonjak ke rekor tertinggi pada Januari, menurut perkiraan dari Badan Informasi Energi AS (EIA). Red

spot_img

Latest

spot_img