Uang Nasabah BRI Unit Taliabu Digasak, Rp12 Juta Lebih Raib

BRI unit Taliabu, Kota Bobong. (Foto: Y.Tabaika)

Maluku Utara, Investigasi.News – Seorang nasabah Bank Rakyat Indonesia ( BRI ) di Kabupaten Pulau Taliabu ( Pultab ) Maluku Utara ( Malut ) kehilangan uang tabungan dalam rekening pribadinya sebesar Rp 12.300.000 ( dua belas juta tiga ratus ribu rupiah ) secara misterius.

Nasabah tersebut mengetahui uangnya keluar dari rekening pribadi miliknya saat mendapat pesan masuk dari BRI-OTP pada tanggal 18 November 2022 sekitar pukul 16:03 Wit.

Diketahui nasabah tersebut bernama Sahrudin Amane warga Desa Kramat Kecamatan Taliabu Barat, kepada wartawan Investigasi.News , Ia mengungkapkan kejadian yang telah dialaminya, kamis (1/12/2022).

Setelah diketahui uang dalam rekeningnya berpindah ke rekening lain, Sahrudin kemudian meminta kepada istrinya untuk segera ke kantor BRI unit Taliabu guna menanyakan sekaligus melapor perihal yang dialaminya karena ia sedang berada di tempat kerja.

” Pada waktu itu saya lagi telponan sama istri saya tiba- tiba ada pesan masuk dari BRI-OTP, saya pun tidak merespon karena lagi menelpon, berselang beberapa menit saya melihat isi pesan tersebut dan mengetahui uang saya telah keluar dari rekening saya sebesar Rp 12.300.000 ” terang Sahrudin.

Lebih lanjut, sahrudin menjelaskan bahwa dirinya telah meminta penjelasan kepada pihak BRI Unit Taliabu.

” Selama satu minggu saya bulak balik bank Bri akan tetapi saya belum di beri penjelasan yang pasti, saya disuruh menunggu selama 25 hari kerja” beber Sahrudin.

Terpisah : kepala Bank Bri Unit Taliabu Fahtiar Y Forinti saat di temui Wartawan Investigasi.News kamis (1/12/2022), menjelaskan terkait masalah hilangnya uang nasabah tersebut.

“Pihaknya telah melapor ke Layanan Pengaduan BRI terkait masalah ini tinggal menunggu hasil selama maksimal 25 hari kerja, kemudian Bank akan mengembalikan uang Nasabah yang hilang apabila itu kelalaian dari pihak bank, seandainya kalau itu kelalaian dari Nasabah maka Bank tidak akan bertanggung jawab akan hal itu”, ungkap Fahtiar.

Lanjut Fahtiar, kemungkinan Nasabah merespon pesan masuk dengan mengklik link yang dikirim melalui pesan masuk atau mendownload aplikasi yang tidak jelas hingga data Nasabah bisa dihack.

Kemudian Sahrudin menjelaskan bahwa dirinya merasa tidak pernah mendownload aplikasi atau mengklik link apapun.

Diketahui uang Nasabah BRI Atas Nama Sahrudin amane berpindah ke norek lain pada tnggal 18/11/2022 jam 14:03:30 dengan kode CN IB037401704755726 CN IB 6285377341BNK6913014092162877
berdasarkan data print out dari Bank Bri.

Sahrudin berharap kepada pihak BRI khusunya UNIT Taliabu agar secepatnya dapat memecahkan masalah yang dialaminya , walupun itu ulah hacker akan tetapi pihak bank harus bisa mengetahui siapa pemilik rekening tersebut karena kami percayakan uang kami pada BRI. Hal ini membuat dirinya agak ragu akan kenyamanan dan kemanan untuk menabung”, tutupnya.

Penulis : Y.Tabaika
Sumber: Sahrudin Amane