Baru-baru Ini, Seribu Rumah Gadang Solsel Jadi Tempat Pembuatan Film

Solsel, Investigasi.news

Sutradara kondang Riri Riza melakukan pembuatan film bertemakan budaya di Kawasan Perkampungan Adat Nagari Saribu Rumah Gadang, Kabupaten Solok Selatan, Sumatera Barat.

Pembuatan film yang diinisiasi oleh Kementerian Pendidikan melalui program Pekan Kebudayan Nasional (PKN) dengan direncanakan selama lima hari, yang dimulai Rabu (13/10/2021), seperti dikutip dari Bagian Humas dan Protokol Kabupaten Solok Selatan, Kamis.

Film tersebut dijadwalkan tayang pada akhir Oktober 2021, dan akan disiarkan secara nasional, virtual dan sejumlah TV swasta.

Riri Riza sendiri dikenal sebagai sutradara, penulis skenario dan produser film yang telah memproduksi banyak film nasional, dan telah memperoleh berbagai penghargaan.

Diantara film tersebut yakni Laskar Pelangi, Petualangan Sherina, Kuldesak, Sang Pemimpi, dan lainnya.

“Terimakasih buat Mas Riri dan kru lainnya, serta pihak kementerian, yang telah memilih Kawasan Seribu Rumah Gadang ini sebagai lokasi shooting film dalam rangka PKN ini,” ujar Ketua TP-PKK yang juga Ketua Dekranasda Solok Selatan, Erniati Khairunas, ketika menyambangi lokasi shooting.

Kunjungan Erniati Khairunas didampingi oleh istri Wakil Bupati Bet Yulian Efi, istri Sekda Solok Selatan Fitri Syamsurizaldi, serta penggiat wisata Nofrin Napilus.

Ia menambahkan bahwa dengan adanya produksi film ini ikut membantu promosi Solok Selatan, khususnya kawasan Saribu Rumah Gadang sebagai sebuah kawasan wisata budaya yang unik dan berbeda dengan perkampungan lainnya.

Sementara itu, Sutradara Riri Riza mengatakan bahwa pihaknya menyampaikan terima kasihnya atas kedatangan Ibu Bupati dan rombongan tersebut.

Menurutnya, Saribu Rumah Gadang memiliki potensi wisata budaya yang potensial untuk terus dikembangkan, dikarenakan berbagai kekhasan yang dimilikinya.

Deno

IKLAN HPN

Related Articles

Iklan
Iklan
Iklan
Iklan
Iklan
Iklan
Iklan
Iklan
Iklan
Iklan
Iklan

Latest Articles