Dujiangyan Berkembang Sebagai Model Peradaban Ekologi

Dujiangyan, investigasi.news – Kota Dujiangyan, Provinsi Sichuan, pusat ekologi penting di bagian atas Sungai Yangtze, memprioritaskan peradaban ekologi dan mempromosikan pembangunan kota yang berorientasi pada rantai industri, seperti inisiatif kelestarian alam dan pariwisata budaya.

A habitat for giant pandas, Dujiangyan is among the list of the World Natural Heritage
A habitat for giant pandas, Dujiangyan is among the list of the World Natural Heritage

Dujiangyan tercantum sebagai Situs Warisan Dunia, Situs Warisan Alam Dunia, serta Situs Teknik Irigasi Dunia. Dujiangyan juga dihuni beberapa hewan yang dilindungi di Tiongkok, seperti panda raksasa dan monyet emas.

Dalam beberapa tahun terakhir, Dujiangyan juga menyandang gelar sebagai area percontohan pariwisata terpadu tingkat nasional, resor pariwisata tingkat nasional, kota ekologi nasional, area percontohan ekologi tingkat nasional, serta pionir pembangunan hijau.

Dujiangyan meningkatkan model “jalur hijau plus industri” guna membangun sistem ekologi di kota.

Jalur Tianfu sepanjang 735 km merupakan program percontohan pelestarian ekologi yang menyatukan kekayaan cadangan alam, objek wisata, situs bersejarah, dan pemandangan indah. Jalur ini meliputi area perkotaan dan menawarkan berbagai bisnis baru.

Proyek lainnya adalah jalur hijau sepanjang 30 km di komunitas Qili, Kecamatan Shiyang, yang mencakup Linpan, kawasan permukiman khusus di Sichuan Barat.

Pemandangan alam dan perkebunan membentuk lebih dari 10 pola bisnis pariwisata, termasuk katering, kuliner, kopi, gerai teh, bar, aula pedesaan, serta homestay dengan karakteristik yang menarik.

Dujiangyan juga memiliki sembilan sungai dan sumber daya air yang bermutu tinggi di Tiongkok.

Pada April lalu, merek minuman berkarbonasi Yuanqi Senlin merampungkan pembangunan pabrik pertamanya di Dujiangyan. Lalu, pada Juni, konstruksi Kawasan Industri Golden Horse mulai berlangsung di Gunung Qingcheng.

Dujiangyan akan menciptakan skenario percontohan yang menyatukan industri dan pariwisata, memperkuat ekonomi berbasiskan sumber daya air, serta terus menjajaki industrialisasi produk alam, dan mempercepat industri yang ramah lingkungan.

Dujiangyan adalah kota yang berdekatan dengan wilayah pegunungan bersalju sebagai tempat bagi wisatawan menikmati pemandangan sepanjang tahun. Atlet Olimpiade Su Yiming dan Gu Ailing baru-baru ini meningkatkan animo publik terhadap objek wisata salju di lokasi tersebut.

Semakin banyak orang yang mendatangi lokasi Chengdu Bonski, lapangan latihan bagi dua peraih medali Olimpiade, untuk menikmati keseruan olahraga es dan salju.

Dujiangyan pun menjadi opsi menarik bagi semakin banyak wisatawan yang ingin menikmati pemandangan pada musim semi, berlibur pada musim panas, serta mengamati pemandangan pada musim gugur dan dingin, serta bermain ski di dalam ruang pada seluruh musim.

Source : Dujiangyan City