Awal Tahun 2022, Terminal Anak Air Padang Akan Beroperasi, Pembangunan Dermaga Dilanjutkan

More articles

spot_img

Padang, Investigasi.news – Pada Awal Tahun 2022 ini Terminal Anak Air Padang akan beroperasi. Terminal yang menampung aktivitas berupa angkutan perkotaan dan antar kota ini akan dimulai. Sehingga daya tarik terminal ini nantinya akan menambah pengunjung ke Kota Padang.

Terminal Anak Air Padang berlokasi di By pass, posisi yang tidak terlalu jauh dari Balaikota Padang. Mengingat selama ini Padang belum punya terminal, jadi kehadiran Terminal Anak Air Padang ini akan menjadikan masyarakat untuk menikmati angkutan umum.

Pembangunan Dermaga Teluk Kabung akan dilanjutkan pada tahun 2022. (Mebri)

Seperti yang dipaparkan Deny selaku Kepala Balai Perhubungan Darat dan Laut bahwa di bulan januari 2022 yang tinggal hitungan hari ini, akan mengaktifkan Terminal Anak Air. “Terminal Anak Air akan di aktifkan untuk kegiatan angkutan penumpang”, ucapnya.

Kemudian ditambahkan, ” kita akan mulai dengan pelan-pelan karena tidak bisa secara langsung dipaksakan, sebab mengubah kebiasan dari supir angkutan selama ini tentu tidak mudah”.

“Ada pun konsep terminal ini yang pasti nya tidak baku, konsep terminal sekarang ini sudah berubah, tidak ada lagi tarik – menarik penumpang. Terminal Anak Air yang di bentuk humani dan tidak ada di dalam terminal orang mencuci piring di sembarangan tempat”, tambahnya.

Selanjutnya Deny juga menyampaikan Di terminal ini nantinya di bahagian atas akan dipakai untuk pelayanan publik dan kegiatan-kegiatan lainnya seperti powerding, dan kegiatan olahraga, intinya untuk terminal sekarang ini tidak ada lagi yang kotor dan unsur premanismenya.

Sementara, terkait Dermaga Kapal yang akan berangkat ke Pulau Mentawai Deny menyampaikan, bahwa itu dermaga dulu di kelola oleh propinsi karena propinsi tidak sanggup maka kementrian yang mengelolanya lagi. Saat ini dermaga sedang dalam pengembangan. Untuk di dermaga yang lama sudah mulai tertib karena tidak ada lagi muatan curah, dan muatan tertata rapi.

Dermaga Teluk Kabung. (Mebri)

Untuk masalah muatan kapal sekarang sudah ada pembatasan angkutan mobil-mobil yang berangkat ditimbang dulu agar tidak ada lagi over kapasitas angkutan muatan kapal yang akan dibawa ke Pulau Mentawai.

Lebih jauh Deny menyampaikan, dalam perkembangan pembangunan dermaga yang baru di Bugus Teluk Kabung dengan kepala UPTD Agus Sumarso menyampaikan, bahwa kegiatan dilaksanakan dalam tiga tahap. “Kita sudah mulia dari tahun 2020 dan 2021 hingga 2022 ini, dan rencannya akan dilanjukan ditahun depan. Anggaran senilai lebih kurang 10 M akan kita maksimalkan untuk pembangunan dermaga ini”, tutupnya. Mebri

spot_img

Latest

spot_img