ACEH  

34 Dayah dan 8 Balai Pengajian Galus Sudah Ter Akditasi.

Galus, Investigasi News-Selama satu hari kegiatan lebih kurang 18 Dayah artinya secara keseluruhan dayah yang kita kunjungi hampie sepekan, ada pun dayah yang di Akriditrasi sebanyak 34 Dayah.

Hal tersebut di katakan kepala Dinas Dayah kabupaten Galus Ns. Sukri Mas Skep, kepada Wartawan saat Mengunjungi seluruh Pesantren yang ada di Galus, yang di sebut julukan seribu bukit seribu Hafish, senin 23 / 05 / 2022.

Selain itu katanya, jumlah Santri yang ada di kabupaten Galus saat ini berjumlah sekitar 5760 orang.

” Untuk saat ini yang kami harapkan adalah perlu nya perhatian untuk pembangunan di bidang Fisik Dayah dan nantinya bila Qanun nomor 9 sudah sempurna, maka pembangunan akan bisa merata bagi Dayah yang telag Ter akriditrasi,” sebut Sukri Mas.

” Merupakan salah satu upaya kita dan selanjutnya, Pesantren Salapiah akan mengirimkan guru nya ke Bireun dan Aceh selatan, sehingga nanti nya Dayah Tahfiz Al’Qur’an bisa belajar ke jawa Timur, seperti Ponorogo kabupaten Magetan, sehingga kedepan nya anak didik yang ada di Dayah dapat bersaing dengan daerah lain,” kata Sahrul mas.

Kadis Dayah ini juga berharap, selagi diri nya menduduki Kadis Pendidikan Dayah akan terus berusaha Semaksimal mungkin,” untuk peningkatan Mutu pendidikan Dayah yang ada di kabupaten Galus, serta meningkatkan Sarana dan Prasarana Dayah sesuai dengan peraturan yang berlaku di Propinsilp Aceh,” Tutup Kadis Dayah Mengakiri. ( SG )