Harga Bako Kretek 60 Ribu Per Kg, Pemerintah Galus Diminta Perhatikan Para Petani Bako

Gayo lues, Investigasi.news – saat ini di Kabupaten Gayo Lues harga tembakau rajang kretek tembus 60 Ribu per kg. Hal itu disebabkan musim kemarau mulai normal.

Misalnya di Desa Sekuelen Kecamatan Blangjerango Kabupaten Gayo Lues,para petani tembako jenis kretek sudah mulai panen hingga kini para petani Bako tersebut sedang melakukan panen.

Salah seorang petani Bako warga sekuelen bernama Ramadan (60) kepada kru Indometro Minggu (25/09/2022) mengatakan, saat ini harga tembako jenis kretek masih biasa sekitar 60 Ribu per Kg,biasanya harga tersebut bisa tembus Rp 110 Ribu per Kg.

“Saat ini harga tembako masih dibilang biasa saja hanya Rp 60 Ribu Per Kg,biasanya jika harga normal itu bisa mencapai 110 Ribu Per Kg,” tutur Ramadan.

Pun demikian katanya, harga tembako jenis kretek itu hanya di bandrol 60 Ribu per Kg para petani tembako hanya bisa pasrah. Untuk itu mereka meminta kepada pemerintah Daerah agar Kabupaten Gayo Lues agar memperhatikan para petani tembako, ya paling tidak bisa memperhatikan harga tembako dipasaran agar para petani tembako khususnya di Kabupaten Gayo Lues bisa setara dengan Petani tembako di luar daerah.

“Kami hanya bisa berharap kepada Pemerintah Daerah melalui Dinas Perdagangan agar bisa membantu para petani Bako di bidang harga pemasaran agar para petani tembako di Gayo Lues ini bisa sejahtera dan paling tidak bisa setara dengan para petani tembako di luar daerah,” Pungkas Ramadan berharap. ( Sm)