Polres Gayo Lues Kawal Aksi Demo Mahasiswa

GAYO LUES, Investigasi news – Polres Gayo Lues kerahkan sebanyak 180 Personel amankan gerakan penyampaian pendapat dimuka umum oleh mahasiswa/wi Program Studi Diluar Kampus Utama (PSDKU) USK di Kab. Gayo Lues tentang Penyesuaian Harga BBM dan Isu Lokal di Kantor DPRK Gayo Lues. Rabu (07/09).

Sebanyak +- 250 Mahasiswa/-i Program Studi Diluar Kampus Utama (PSDKU) USK di Kab. Gayo melakukan aksi terkait Isu Nasional Kenaikan Harga BBM dan berbagai Isu Lokal dengan Longmarch dari titik kumpul di Balai Musara menuju Kantor DPRK di Pusat Perkantoran Kab. Gayo Lues.

Kapolres Gayo Lues AKBP Efrianza SIK bersama Wakil Bupati H.Said Sani dan perwakilan Anggota DPRK serta beberapa SKPK turut berjalan bersama mengantarkan para mahasiswa menuju gedung DPRK Gayo Lues.

Sesampainya di gedung DPRK mahasiswa/-i menyampaikan Aspirasi mereka kepada Pemerintah Pusat yang diterima dengan baik oleh Wakil Ketua DPRK Gayo Lues H. Ibnu Hasyim di Aula Rapat/sidang DPRK Gayo Lues.

Adapun yang menjadi Aspirasi Mahasiswa dalam aksi tersebut adalah :
– Menolak pemerintah untuk menaikkan harga BBM bersubsidi karena akan semakin menyesengsarakan kehidupan masyarakat terutama masyarakat menengah kebawah dan pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) yang belum sepenuhnya pulih akibat terpaan pandemi covid-19.

– Lakukan normalisasi harga pasar terkait sembako dan bahan pangan lainnya.
Berantas mafia BBM bersubsidi dan lakukan penegakan hukum yang seadil adilnya dan transparan tanpa ada yang ditutupi.

– Mendesak pemerintah melakukan pendataan kembali bagi masyarakat kurang manpu yang berhak menerima subsidi Migas agar terciptanya efektivitas dalam distribusi dan alokasi.

– Mendesak DPRK dan pemerintah daerah Kabupaten Gayo Lues agar menyampaikan seluruh poin tuntutan dan desakan mahasiswa PSDKU USK Gayo Lues kepada pemerintah pusat.

Setelah selesai menyampaikan Aspirasi mahasiswa menyerah kan Naskah Aspirasi mereka yahh diterima oleh Wakil Ketua DPRK Gayo Lues untuk diteruskan ke pemerintah pusat.

Selanjutnya mahasiswa menyelesaikan aksi dengan damai dan kembali ke titik kumpul dengan diantarkan oleh Truck dan Bus milik Polres Gayo Lues.

AKBP Efrianza SIK dalam kesempatan tersebut memberikan keterangan, “Alhamdulillah Aksi berjalan dengan baik dan selesai dengan damai.”

“Penyampaian pendapat dimuka umum merupakan hak setiap warga negara yang di jamin konstitusi dan sebagai kontrol sosial atas kebijakan-kebijakan yang sangat baik untuk kepentingan bangsa ini. Terimakasih kepada mahasiswa/-i yang telah menjalankan aksi ini dengan damai.

Selanjutnya saya berharap para mahasiswa dapat bersinergi bersama Polri menjaga keamanan dimasyarakat.( Sm )