Program Jaksa Masuk Sekolah Di SMKN 1 Blangkejeren

More articles

spot_img

Blangkejeren, Investigasi news, -| Kejaksaan Negeri Gayo Lues melaksanakan program Jaksa Masuk Sekolah (JMS), kali ini sasaran Kejaksaan berlokasi di SMK N 1 Gayo Lues, Senin (06/03/23) dengan mengusung tema “Kesadaran Berbangsa dan Bernegara”.

Kasi Intelijen Kejari Gayo Lues, Handri, S.H mengatakan, Di Kejaksaan itu ada Program Penerangan dan Penyuluhan Hukum, yang bertajuk “Jaksa Masuk Sekolah”.

“Jadi kita mengunjungi sekolah-sekolah yang ada di Kabupaten Gayo Lues, kita bantu masalah penerangan penyuluhan hukum. Tidak begitu mendetail tetapi kita menghimbau supaya siswa tetap taat hukum dalam mengejar cita-citanya,” kata Handri, SH.

Kata Handri, Kerjasama ini didasari pada pemahaman akan pentingnya penguatan institusi pendidikan, peningkatan kualitas sumber daya manusia bagi masing-masing institusi.

Kerjasama ini dimaksudkan untuk meningkatkan kapasitas pengelolaan institusi kedua belah pihak dengan memanfaatkan sumber daya manusia yang ada para pihak berdasarkan prinsip saling membantu dan saling menguntungkan.

Selain itu juga melakukan pengembangan sumber daya manusia, penyuluhan, dan penanganan hukum, kunjungan belajar, dan guru tamu jadi sudah saling saling kita sudah lakukan anak-anak sudah bekerja nama, kata Handri, SH.

Sementara itu Kepala Kejaksaan Negeri Gayo Lues Ismail Fahmi mengatakan, kehadiran Kejaksaan Negeri Gayo Lues di SMK Negeri 1 Gayo Lues adalah menindaklanjuti MOU antara Kejaksaan Gayo Lues dengan SMA Negeri Gayo Lues tentang penguatan kapasitas institusi pendidikan yang ditandatangani pada tanggal 9 November 2022 lalu.

“MOU ini tentang penguatan kapasitas pendidikan, ruang lingkupnya salah satunya adalah pengembangan sumber daya manusia penyuluhan dan penerangan hukum terus kunjungan belajar guru tamu dan lain-lain yang dianggap penting itu ruang lingkup perjanjian kerjasama kita dengan SMA Negeri SMK Negeri 1 Gayo Lues,” ujar Kajari.

Lanjut pak Kajari, dalam program Jaksa Masuk sekolah, Kejari Gayo Lues dapat memberikan motivasi pada anak-anak peserta didik yang ada di sini, memberikan masukan-masukan tentang ilmu hukum, tentang bela negara, tentang aturan-aturan hukum baik narkotika, lalu lintas dan lain-lain.

Masih Kajari, Kejari memberikan masukan kepada pihak sekolah, baik guru maupun peserta didik supaya bisa lebih optimis lagi, lebih yakin bahwa kita bisa meniru sekolah-sekolah yang ada di Jawa maupun yang ada di kota saat ini untuk dapat bersaing dalam hal penguatan mutu pendidikan yang kita jalankan sekarang ini.

“Yang saya harapkan nanti sekolah-sekolah yang lain yang ada di Kabupaten apa yang ada di SMK Negeri ini mungkin apakah kepala dinasnya atau kepala cabangnya kalau Dinas Pendidikan kepala dinasnya atau kepala cabangnya kalau di tingkat SMA bisa mengikuti apa yang sudah dilakukan SMK Negeri 1 Gayo Lues tentang perjanjian atau kerjasama di bidang penguatan kapasitas institusi pendidikan ini, jadi sekolah-sekolah lain pun juga bisa insya Allah kalau memang mereka bisa kami juga akan turun ke sekolah-sekolah selain, ada jaksa masuk sekolah yang sudah kita kelakkan juga ada hal-hal yang lain dianggap perlu yang bisa membangun dan positif untuk sekolah dimaksud,” Ujap Kajari.

Kepala SMK N 1 Gayo Lues Said Idrus, S. Pd., M. Pd. melalui Wakil Bidang Kurikulum Evinola, S.P mengucapkan terima kasih kepada Kejaksaan Negeri Gayo Lues yang telah hadir di SMK N 1 Gayo Lues untuk melaksanakan program Jaksa Masuk Sekolah.

“Kami berharap kepada anak kami agar dapat mengikuti kegiatan ini dengan baik, Serapi ilmu yang disampaikan oleh pihak kejaksaan, karena ilmu yang disampaikan tersebut justru itu yang nanti kita terapkan dalam kehidupan sehari-hari,” kata Evinola.

Hadir dalam kesempatan tersebut diantaranya Kepala Kejaksaan Negeri Gayo Lues Ismail Fahmi, S.H., Kasi Intelijen Kejari Gayo Lues, Handri, S.H., Kepala Cabang Dinias Pendidikan Aceh Wilayah Kabupaten Gayo Lues yang diwakili oleh Kasi Tendik, Guru, dan Mutu Kesiswaan Taufiq, S.Pd., M.Pd.

Kepala SMK N 1 Gayo Lues, Said Idrus, S. Pd., M. Pd., yang diwakili oleh Wakil Bidang Kurikulum, Evinola, S.P, Para Guru SMK N 1 Gayo Lues, Staf Intelijen Kejaksaan Negeri Gayo Lues, dan siswa/i SMK N 1 Gayo Lues, Tutup nya. (Sumardi)

spot_img

Latest

spot_img