ACEH  

Pembukaan Jalan TMMD 113 Kodim 0113/Gayo Lues Sudah Mencapai 3.500 Meter

Gayo Lues – Kegiatan TNI Manunggal Masuk Desa (TMMD) merupakan keterpaduan antara TNI bersama pemerintah daerah sebagai upaya percepatan terobosan pembangunan di daerah pedesaan serta sebagai langkah peningkatan infrastruktur dan peningkatan kesejahteraan masyarakat.

TMMD adalah salah satu wujud operasi Bhakti TNI, yang merupakan program terpadu lintas sektoral antara TNI dengan Departemen, Lembaga Pemerintahan Non Departemen dan Pemerintah Daerah serta komponen bangsa lainnya.

Komandan Satuan Penugasan (Dansatgas) Letkol INF Yudhi Hendro Prasetyo menerangkan bahwa, hingga hari ke 18 pembangunan jalan TMMD sudah mencapai 3.500 meter. Agar pekerjaannya cepat selesai dia mengerahkan anggota sekitar 150 personil dibantu oleh masyarakat setempat agar pelaksanaan TMMD 113 Kodim 0113/GL berjalan lancar dan dapat selesai sesuai target.

Ke 150 personil tersebut akan disebar pada pelaksanaan kegiatan sasaran fisik yang meliputi pembukaan jalan, pembuatan jembatan, pembuatan gorong-gorong, perehapan meunasah, pembangunan RTLH, dan perehapan RTLH.

Sementara untuk tempat tinggal personil, masyarakat setempat sudah menyediakan rumah agar Satgas TMMD dapat berbaur dengan masyarakat.

Dansatgas menjelaskan, ruas jalan yang akan diterobos kurang lebih 4 Km di Kampung Sangir, Kecamatan Dabun Gelang. Jalan yang dibangun tersebut nantinya menghubungkan Dusun Pisang Abu dengan Dusun Tukik.

“Jalan yang sudah diterobos sepanjang 3,5 Km, dari jalan sepanjang itu pemasangan gorong-gorong sudah selesai 3 titik. Saat ini sedang mengerjakan gorong-gorong ke empat,” ujar Dansatgas.

Pengulu Kampung Sangir, Kecamatan Dabun Gelang, Thamrin mengatakan, atas nama masyarakat dia mengapresiasi kegiatan TMMD yang dipelopori oleh TNI dan menghargai pemerintah daerah.

Seperti dengan dibukanya akses jalan menuju lahan pertanian masyarakat, tentu ini nantinya akan meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Dimana masyarakat mudah mengangkut hasil pertaniannya sehingga akan mendongkrak ekonomi masyarakat.

“Jika akses jalan baik, maka ekonomi masyarakat semakin lancar,” ujar Pengulu. (RED)