ACEH  

Stunting Tertinggi Ada Di Galus, 42,9% Ini Kata Sekda H.Rasidin Porang

Blangkejeren, Investigasi.News – Pemerintah Daerah Kabupaten Gayo Lues melalui Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DP3AP2KB) Gayo Lues melakukan rapat rembuk Stunting pelaksanaan Konvergensi percepatan penurunan Stunting bertempat di Offrom Sekdakab Jum’at (17/06/2022) dini hari tadi.

Dalam kesempatan tersebut,Sekda Kabupaten Gayo Lues dalam sambutannya menyampaikan,berdasarkan hasil Studi kasus Gizi Indonesia tahun 2021,angka Stunting Aceh berjumlah 33,18 % dan angka Stunting tertinggi ada di Kabupaten Gayo Lues sekitar 42,9 %. Melihat dari hasil tersebut,Pemerintah Daerah Kabupaten Gayo Lues sudah seharusnya membuat berbagai gebrakan besar supaya adanya upaya saling bersinergi bagi semua pihak dalam menurunkan angka tersebut.

Selain itu,dengan adanya rapat rembuk Stunting ini diharapkan bisa menghasilkan solusi yang tepat untuk mengatasi Stunting i Gayo Lues. Dan tidak ada penyakit yang tidak bisa diobati dan tidak ada masalah yang tidak bisa diatasi. Namun demikian semuanya membutuhkan aksi nyata dan kerjasama yang baik.

“Kita tidak berharap tahun depan urutan Stunting di Gayo Lues langsung pindah posisi,tapi yang kita upayakan angka presentasenya saja menurun,itu saja mungkin target awal kita. Untuk itu diharapkan dari hasil rembuk ini nantinya dapat menghasilkan Program yang berkelanjutan dan dapat mengatasi dan menurunkan angka Stunting di Kabupaten Gayo Lues untuk beberapa tahun kedepannya,” Pungkas Sekda Ir, H. Rasidin Porang optimis.

Sementara Kepala Dinas DP3AO2KB Gayo Lues Yunidar SE menjelaskan,rapat rembuk merupakan langkah penting yang harus dilaksanakan. Pemerintah Daerah Kabupaten Gayo Lues dalam membuat Program dalam menanggulangi persoalan Stunting akan dijadikan sebagai Program berkelanjutan dalam menurunkan angka Stunting

“Untuk itu kita semua berharap ikut serta berpartisipasi seusai tupoksi masing – masing untuk menyelesaikan persoalan ini,” tutup Yunidar mengahiri.

Dalam kegiatan tersebut,selain Sekda dan Kepala Dinas DP3AP2KB,juga dihadiri oleh Sekretaris Dinas Kesehatan,Direktur RSUDMAK,Kepala Dinas Pendidikan,Kepala Dinas Pertanian,Kepala Dinas Pangan,Camat Pining,Sekcam Dabun Gelang,Ketua Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Gayo Lues,serta sejumlah Kepala Desa dan peserta lainya,ikut serta meramaikan aca
ra tersebut,sehingga lancar dan sukses. ( SM )