Bupati Asahan Buka FGD Laboratorium Inovasi

More articles

spot_img

Asahan, Investigasi.news-Pemerintah Kabupaten Asahan bekerja sama dengan Lembaga Administrasi Negara (LAN) Republik Indonesia (RI) menggelar Forum Groub Discussion Laboratorium Inovasi Dalam Rangka Mensukseskan Program Prioritas Pemerintah Kabupaten Asahan.
Kegiatan FGD yang diikuti OPD, Kepala Bagian Setdakab Asahan, Camat dan
Tim Koordinasi Penguatan Sistem Inovasi Daerah Asahan (SIDA) dibuka langsung oleh Bupati Asahan H. Surya, BSc di Aula Melati Kantor Bupati Asahan, (27/6).

Kepala Bappeda Kabupaten Asahan yang diwakili Sekretaris Bappeda Kabupaten Asahan H. Muhammad Syafiq, STP, MMP melaporkan bahwa kegiatan ini berdasarkan Peraturan Pemerintah Nomor 38 Tahun 2017 tentang Inovasi Daerah, Pada BAB IV Pasal 16 ayat (2) disebutkan bahwa uji coba Inovasi Daerah dilakukan pada Perangkat Daerah yang ditugaskan melaksanakan Inovasi Daerah sebagai laboratorium uji coba.

Tujuan dari kegiatan ini untuk menumbuhkan dan mengembangkan budaya kerja inovasi di Lingkungan Perangkat Daerah Kabupaten Asahan. Selanjutnya untuk fasilitas, asistensi dan pendampingan OPD dalam penyelenggaraan inovasi.

Kegiatan ini dilaksanakan selama 4 hari yang dimulai pada hari ini Senin sampai dengan Kamis tanggal 27-30 Juni 2022 dan diharapkan hasil dari FGD ini akan ditindaklanjuti oleh masing-masing OPD untuk melahirkan dan mengembangkan inovasi sesuai dengan tugas pokok dan fungsi masing-masing,” tuturnya Syafiq.

Bupati Asahan H. Surya, BSc pada arahannya mengatakan, berdasarkan Peraturan Daerah Kab. Asahan Nomor 3 Tahun 2021 tentang Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Kab. Asahan, Peningkatan Inovasi tercantum dalam misi ke-1 yaitu meningkatkan tata kelola Pemerintahan yang efektif, inovatif, profesional, dan akuntabel. Salah satu indikator sasaran yang ditetapkan dalam misi tersebut adalah Indeks Inovasi Daerah yang ditargetkan sebesar 70 poin pada akhir tahun 2026.

Pelaksanaan FGD Laboratorium Inovasi Daerah ini sangat strategis untuk menggali ide-ide inovasi dari OPD serta Kecamatan se-Kabupaten Asahan.
Peserta FGD diberikan materi oleh narasumber yakni Kepala Pusat Inovasi Administrasi Negara LAN RI Hartoto, SIP, M. Si materi membangun komitmen bersama dalam berinovasi di Kabupaten Asahan dan Pejabat Analisis Kebijakan LAN RI Tyas Wahyu Fadhila, S. Sos, MPA materi menuju kabupaten Asahan sangat inovatif.
(Hs)

spot_img

Latest

spot_img