ASAHAN  

DLH Asahan Minta Warga Buang Sampah Tidak Sembarang

Asahan, investigasi.news – Sampah, merupakan musuh yang sangat berbahaya. Jika tidak dikelola secara baik akan menumbuhkan ragam penyakit bagi manusia dan mahluk disekitar.

Hal ini disampaikan Ka. Dinas Lingkungan Hidup (DLH), Agus Jaka Putra Ginting S.H, di ruang kerjanya (27/12/2021), menjawab kehadiran awak media seputar gerakan kebersihan yang saat ini tampak gencar di galakkan.

Penuturan Agus, terkhusus sejak masa Pandemi COVID-19, oleh pemerintah pusat telah menerapkan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat, (PHBS) adalah sebagai upaya memutus mata rantai Penyebaran COVID-19, tentu kita tidak boleh kendor sedikitpun dalam aksi ini.

Sebagaimana harap Bupati H.Surya B.Sc. yang dalam dukungannya tidak terputus- putusnya perintahkan agar DLH. untuk berbuat banyak demi mewujudkan Program pusat ini.
Agus, paparan surveinya dilapangan masih rendahnya kesadaran maupun partisipasi warga akan pemanfaatan tempat pemungutan sampah sementara (TPS).

Pantauan di beberapa titik TPS, terjadinya serakan sampah di luar prasarana tersebut akibat meletakkannya secara sembarangan, yang hal ini mempersulit evakuasi oleh petugas,” kata Agus.

Akan permasalahan ini, untuk menyadarkan dan untuk merubah pola pikir masyarakat pihak kami lakukan sosialisasi di lapangan, meminta agar warga se-segera mungkin mengangkut sampahnya ke TPS. bukan ditumpuk di perkarangan rumah yang berujung akan masuk juga ke selokan.

Agus menambahkan imbauannya, agar warga membersihkan selokan, terbebas dari genangan air dan rumput tanpa harus menghadirkan massa bergotong royong,” ajak tegas Agus Kadis DLH. seraya mengatakan, berharap tidak terlepas partisipasi kerjasama Aparat Lurah dan Desa dengan melibatkan Kepala Lingkungan dan Kepala Lorong.

(DR).