Pemberdayaan Masyarakat Germas di Berbagai Tatanan Tingkat Kabupaten Asahan Tahun 2022

Asahan, Investigasi.news -Dinas Kesehatan Provinsi Sumatera Utara, (Provsu) bersama Pemkab. Asahan menggelar, Pemberdayaan Masyarakat Untuk Pemberdayaan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas) di Berbagai Tatanan di Tingkat Kabupaten, sekaligus memperingati HKN ke-58 di Halaman Kantor Dinas Kesehatan,Jum’at (25/11).

Kepala Dinas Kesehatan, dr. Nanang Fitria Aulia, Sp. PK menyampaikan tujuan dari kegiatan ini adalah untuk meningkatnya koordinasi dan implementasi kegiatan terkait pelaksanaan Germas antara Provinsi, Kabupaten/Kota dan Lintas Sektor dalam rangka penggerakan masyarakat terkait pelaksanaan Germas di Kabupaten/Kota dan diperolehnya kesepakatan untuk melakukan penggerakan masyarakat sebagai implementasi pembudayaan Germas di Kabupaten/Kota di Sumatera Utara.

Kegiatan ini berjumlah 120 orang yang terdiri dari OPD, Kelompok Peduli Kesehatan, Kelompok Mitra Potensial Kesehatan, Institusi Pendidikan, Kepala Puskesmas, RSU, Kamtibmas dan Tokoh Masyarakat serta Tokoh Agama.

Nanang mengajak seluruh peserta yang berhadir untuk bersama-sama mewujudkan Asahan Sehat 2023. Mega Karyati M. Kes Fungsional Penyuluh Kesehatan Ahli Madya Dinas Kesehatan Provinsi Sumatera Utara berharap agar Pemerintah Kabupaten Asahan segera membentuk Forum Koordinasi Germas di tingkat Kabupaten yang melibatkan OPD dan membentuk Satgas Germas di Kecamatan, Desa/Kelurahan sehingga apa yang menjadi program Germas dapat tercapai.

Bupati Asahan memberikan Piagam Kesehatan kepada mitra Kesehatan secara simbolis kepada Yayasan Mentari Meraki Asa, Kepala BANK Sumut Cabang Kisaran, Ketua FKUB Kabupaten Asahan, Ketua IDI Kabupaten Asahan dan Kepala Bapeda Kabupaten Asahan.

Sesuai dengan Instruksi Presiden Nomor 4 Tahun 2017 tentang Germas, bahwa semua Pimpinan Daerah, Pimpinan Institusi Pemerintah dan masyarakat, Perguruan Tinggi dan Dunia Usaha agar melaksanakan kegiatan Germas di Lingkup tanggungjawabnya masing-masing.

Ada 5 fokus kegiatan utama yang dilakukan dalam rangka Germas adalah, peningkatan aktifitas fisik, peningkatan edukasi dan perilaku hidup sehat, peningkatan pangan dan gizi seimbang, peningkatan pencegahan dan deteksi dini penyakit, peningkatan kualitas lingkungan.

Selanjutnya Bupati mengatakan kegiatan kita hari ini dirangkai juga dengan peringatan Hari Kesehatan Nasional ke 58 dengan tema “Bangkit Indonesiaku, Sehat Negeriku”, tema ini dipilih karena menggambarkan bangkitnya semangat dan optimisme seluruh lapisan masyarakat untuk saling bahu membahu.

Diakhir kegiatan Bupati Asahan memotong nasi tumpeng dalam rangka HKN ke-58 dan pelepasan balon serra penandatanganan komitmen bersama untuk pemberdayaan Germas di Kab.Asahan.
(DR)

IKLAN HPN

Related Articles

Iklan
Iklan
Iklan
Iklan
Iklan
Iklan
Iklan
Iklan
Iklan
Iklan
Iklan

Latest Articles