Pemkab Asahan Peringati Hari Ibu Ke-94 dan HUT Ke-23 DWP

More articles

spot_img

Asahan Investigasi.news-Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Asahan memperingati Hari Ibu ke-94 dan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-23 Dharma Wanita Persatuan (DWP), Selasa (27/12). Peringatan tersebut dilaksanakan di Aula Melati Kantor Bupati Asahan dan dihadiri Bupati Asahan, Wakil Bupati Asahan, Mewakili Dandim 0208/Asahan, Mewakili Danlanal TBA, Mewakili Danyon 126/KC, Mewakili Kapolres Asahan, Mewakili Ketua PA Kisaran, Sekretaris Daerah Kabupaten, Para Asisten, OPD, Camat se-Kabupaten Asahan, Ketua TP PKK Kabupaten Asahan beserta pengurus, Ketua DWP Kabupaten Asahan, Ketua TP PKK Kecamatan se-Kabupaten Asahan dan tamu undangan lainnya.

Dalam laporannya, Kepala Dinas P2KBP3A Kabupaten Asahan dr. Elfina Br. Tarigan, MKT berharap Peringatan Hari Ibu dan Hut DWP yang diperingati hari ini menjadi momentum untuk mendorong kesadaran perempuan agar meningkatkan pengetahuan serta wawasan tentang sistem perlindungan perempuan terhadap tindak kekerasan. Dirinya juga menuturkan bahwa tujuan kegiatan ini adalah sebagai wadah untuk meningkatkan peran perempuan khususnya Ibu sebagai salah satu penggerak bagi kesuksesan pembangunan baik di tingkat Desa, Kecamatan maupun di Kabupaten Asahan.

ikesempatan yang sama Penasehat DWP Kabupaten Asahan Ny. Hj. Titiek Sugiharti Surya mengatakan seyogyanya perempuan atau laki-laki memiliki peranan dan kedudukan yang setara didalam mencapai tujuan Negara serta di dalam memperjuangkan kesejahteraan di semua bidang, baik pembangunan, pendidikan, ekonomi, sosial, politik dan hukum.

“Selain itu perempuan dan laki-laki juga mempunyai kesempatan akses serta peluang yang sama, sebagai sumber daya
pembangunan sebagaimana target yang harus dicapai dalam tujuan Pembangunan Nasional Jangka Menengah dan Jangka
Panjang”, ucap Penasehat DWP Kabupaten Asahan yang juga menjabat sebagai Ketua TP PKK Kabupaten Asahan.

Titiek menambahkan, keterlibatan dan peningkatan peran kaum perempuan dalam pembangunan, juga menjadi bagian yang penting dalam rangka penghapusan
segala bentuk diskriminasi dan tindak kekerasan lainnya, serta berbagai upaya untuk meningkatkan kesejahteraan bangsa.
“Sebagai pendamping bagi ASN, para ibu diharapkan senantiasa berupaya mewujudkan masyarakat adil, makmur dan sentosa secara merata, meningkatkan kualitas diri melalui berbagai aspek kehidupan seperti aspek pendidikan, ekonomi, sosial dan budaya yang menjadi bahagian dari pembangunan nasional”, tuturnya.

Terakhir Penasehat DWP Kabupaten Asahan mengajak semua perempuan untuk terus maju, menjadi sosok yang mandiri, kreatif, inovatif, percaya diri, dan meningkatkan kualitas serta
kapabilitas dirinya, sehingga bersama kaum pria menjadi kekuatan yang besar dalam membangun keluarga,
masyarakat dan bangsa.

Tak lupa dirinya mengucapkan selamat Hari Ibu ke-94 dan HUT ke-23 DWP Kabupaten Asahan.
Sementara Bupati Asahan H. Surya, BSc pada bimbingan dan arahannya mengatakan peringatan Hari Ibu dapat dijadikan sebagai momen penting untuk mendorong semua pemangku kepentingan guna memberikan perhatian dan pengakuan akan pentingnya eksistensi perempuan dalam berbagai sektor pembangunan yang pada akhirnya memberikan keyakinan yang
besar bahwa perempuan akan mampu meningkatkan kualitas hidupnya serta mengembangkan segala potensi dan kemampuan sebagai motor penggerak dan sekaligus agen perubahan.

Bupati juga berharap peringatan Hari Ibu ke-94 Tahun 2022 ini dapat mendorong terciptanya kesetaraan perempuan dan laki-laki dalam setiap aspek kehidupan. Terkhusus kepada ibu-ibu DWP Kabupaten Asahan yang notabene sebagai istri dari ASN, Bupati berpesan agar DWP dapat menjadi partner dalam ketahanan keluarga, menjadi penopang bagi pendidikan anak serta menjadi pelopor kebaikan bagi masyarakat.
Kegiatan berlanjut dengan pengumuman pemenang perlombaan memasak nasi goreng yang diselenggarakan oleh DWP Kabupaten Asahan , (20/12) di Gedung Serbaguna Kisaran.
(DR)

spot_img
spot_img
spot_img
spot_img

Latest

spot_img