Progres Pembangunan PLTA Asahan 3 Sudah Mencapai 15,7 Persen

More articles

spot_img

Asahan Investigasi.news-Hingga akhir Oktober 2020, progres pembangunan PLTA Asahan 3 sudah mencapai 15,75 persen. Proyek yang membentang di dua kabupaten yaitu Kabupaten Asahan dan Kabupaten Toba ini ditargetkan beroperasi pada tahun 2023 mendatang.

Overall progress konstruksi PLTA Asahan 3 pertanggal 25 Oktober 2020 sebesar 15, 75 persen,” ini dikatakan Senior Manager Operasi Konstruksi II PLN KITSUM I, Abdul Haris, (14/11). Haris memaparkan proyek PLTA Asahan 3 merupakan proyek strategis nasional yang berada di Pulau Sumatera tepatnya di Provinsi Sumatera Utara.

Ada 5 paket pekerjaan PLTA Asahan 3 yaitu pekerjaan tunnel (terowongan penghantar air) dan bangunan bawah tanah untuk rumah pembangkit, pekerjaan metal yaitu pekerjaan gate atau pintu air dan pipa pesat.

Kemudian pekerjaan elektro mekanikal yaitu pekerjaan pemasangan turbine dan generator, transmision line yaitu pekerjaan pembuatan tower transmisi 150kV dari PLTA Asahan 3 ke arah Gardu Induk Simangkuk di Porsea dan telemetering and flood warning system yaitu pembuatan sistem peringatan pengamanan apabila terjadinya air pasang atau banjir pada aliran sungai asahan.
Dari 5 paket pekerjaan, yang sudah berjalan adalah paket I pekerjaan civil, paket II pekerjaan metal, dan paket pekerjaan elektro mekanikal,” katanya.
Adapun pekerjaan terowong bawah tanah (tunnel) hingga saat ini berjalan bagus, sudah mencapai 2 Km dari 7,8 Km yang akan dikerjakan.

Sedangkan yang akan dicapai dalam waktu dekat ini adalah penyelesaian pekerjaan river diversion yaitu pengalihan sebagian air Sungai Asahan.
Lanjut Haris, dengan tercapainya pekerjaan tersebut maka akan dimulai pekerjaan bendung gerak PLTA Asahan.
Selain itu pekerjaan terdekat adalah penggalian bangunan bawah tanah untuk rumah pembangkit yang progresnya telah mencapai section 1 dari 6 section yang akan dikerjakan. Rumah Pembangkit ini adalah bangunan utama yang berada di bawah tanah sedalam kurang lebih 150 meter,”tuturnya Haris.
(DR)

spot_img

Latest

spot_img