Kabar Buruknya Komunikasi Humas PT Timah Selama Ini, Mendapat Perhatian Dirut PT Timah Tbk Achmad Ardianto

PANGKALPINANG, investigasi.news-Berita yang mengabarkan buruknya komunikasi yang dijalankan Humas PT Timah belakangan ini, mulai mendapat perhatian Direktur Utama PT Timah Tbk Achmad Ardianto.

Saat dikonfirmasi Tim Media Jobber, terkait performa komunikasi Tim Humas PT Timah Tbk selama ini, baik kepada pers maupun masyarakat secara luas, telah membangun citra negatif perusahaan PT Timah. Setiap kali hendak dikonfirmasi terkait persoalan PT Timah oleh sejumlah media, Tim Humas PT Timah nyaris tidak melayani konfirmasi.

Pertanyaan ataupun permintaan informasi yang disampaikan wartawan hanya diintip saja, tanpa memberikan informasii yang dibutuhkan untuk edukasi masyarakat dan perimbangan berita yang dibuat media.
Padahal sebagai media, wartawan butuh penjelasan yang valid dan matang dari Humas PT Timah Tbk, agar masyarakat bisa mendapatkan informasi yang berkualitas dari PT Timah Tbk.

“Waalaikumsalam, yang penting semua pihak punya niat baik. Insha Allah pasti ketemu. Ada pihak yang punya kekurangan dan perlu terus memperbaiki diri saya pikir bagus Bangdoi,” ujar Dirut PT Timah Tbk, Achmad Ardianto, kepada Tim Media Jobber.
Dikatakan Didi, sapaan akrab Dirut PT Timah Tbk ini, PT Timah berupaya selalu memenuhi persyaratan pengelolaan perusahaan terbaik termasuk transparansi informasi sesuai peraturan perundang-undangan.

Seperti diberitakan sebelumnya, saat mau diminta penjelasan atau konfirmasi terkait persoalan di PT Timah Tbk, kerap kali para pejabat di PT Timah Tbk melemparkan persoalan komunikasi dan informasi kepada Humas PT Timah Tbk.
Namun sayangnya, setali tiga uang, Humas PT Timah ternyata lebih sulit lagi dikonfirmasi.

Selain sulit ditemui, dengan beragam barakade saat masuk ke PT Timah Tbk, saat dikonfirmasi lewat handphone maupun WA, nyaris tak pernah direspon.
Padahal konfirmasi yang diperlukan wartawan hanya seputar kegiatan ekplorasi maupun ekploitasi pertambangan Timah, serta kegiatan sosial lainnya, bukan tentang kekayaan pribadi para pejabat, apalagi masalah dunia malam dan wanita ataupun hal negatif lainnya yang bersifat pribadi para pejabat maupun Humas PT Timah.

Setiap dikonfirmasi AVP Komunikasi Perusahaan PT Timah Tbk, Anggi Siahaan tak pernah mau menjawab atau membalas, padahal jelas – jelas pesan yang dikirim kepadanya sudah terbaca. Semoga saja, kabar perbaikan yang dijelaskan oleh Dirut PT Timah Tbk Achmad Ardianto bisa merubah buruknya komunikasi Humas PT Timah selama ini.

Pasalnya, Humas memiliki peran dalam menciptakan citra baik organisasi/perusahaan, mengkomunikasikan segala bentuk informasi tentang organisasi baik kepada publik, klien ataupun para investor. Selain itu, bisa dikatakan bahwa seorang Humas adalah wajah dari organisasi itu sendiri.
Siapapun yang telah diberi amanah sebagai Humas harus memahami secara detail seluk beluk dan segala informasi yang terkait dengan organisasi ataupun perusahaan.

Bahkan Humas juga membawa citra dari sebuah organisasi, sehingga ini harus tercermin dari tampilan dan tata bahasa yang teratur. Tim Jobber