Kondisi Kolong Berguruh Sangat Memperihatinkan

Bangka Tengah, INVESTIGASI.NEWS-
Kondisi tempat wisata kolong Berguruh yang berada tepat di desa Dul kecamatan pangkalan Baru, Kabupaten Bangka tengah Provinsi Bangka Belitung. Sangat memperhatikan bila dilihat. Minggu 3-8-2022

Terlihat kondisi batu penyangga dinding yang mengunakan Batu Gunung sebagai pondasi bawah Hancur berantakan dimana- mana, Kondisi Air dikolong tersebut sangat cetek dan Kotor sekali dan sangat tidak layak lagi untuk dimanfaatkan Airnya.

Di kolong Air Berguruh tersebut adanya sebuah SPAM yang kelihatan masih baru, tetapi tidak berfungsi sama sekali. Dikarenakan tak ada sumber air untuk di dikelola.

Ditemui dilokasi masyarakat yang sedang bersantai ria. Mengatakan, ‘sangat disayangkan sekali kondisi Sungai Berguruh kini sangat memperhatikan, tidak terawat. Fungsi wisata kolong nya tidak ada lagi, kelihatan batu – batu dinding rubuh dimana – mana.
Ungkap masyarakat yang berkunjung ke kolong Berguruh tersebut.

Diseputraan kolong bergemuruh tersebut terdapat Plang yang mengatakan. Berdasarkan Perda Kabupaten Bangka tengah No. 26 tahun 2011.Tentang pengelolaan dan pemanfaatan kolong. ( RMN )

Seblumnya dilansir dari Bangka pos edisi (26 /8 /2019 )

Dinas Pekerjaan Umum Kabupaten Bangka Tengah akan carikan solusi untuk membantu Kolong Kerasak yang saat ini mengalami kondisi yang mengkhawatirkan,

Menurut Kepala Dinas Pekerjaan Umum Bangka Tengah, Hasan Basri, pihaknya akan melakukan pemanfaatan Kolong Beguru untuk menjadi cadangan air baku guna memenuhi kebutuhan air bersih di Kecamatan Pangkalan Baru.

“Kami mengupayakan agar Kolong Beguru dapat menjadi alternatif untuk membantu Kolong Kerasak,” kata Hasan pada Senin, (26/8/2019).

Pihaknya lanjut Hasan akan berupaya untuk memperbaiki Kolong Beguru agar dapat menjadi sarana pembantu di Kolong Kerasak.

“Jika memang Kolong Beguru juga kurang dalam pemenuhan kebutuhan, maka mau tidak mau kami akan berupaya lakukan pendistribusian menggunakan mobil tangki air,” jelas Hasan.

Mobil tangki disebutkan Hasan merupakan solusi terakhir yang akan diambil untuk memenuhi kebutuhan air bersih warga akibat keringnya air di Kolong kerasak.

Untuk itu pihaknya akan berupaya untuk bekerjasama dengan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) lainnya yang memiliki mobil tangki guna pendistribusian air bersih.

Hasan juga mengingatkan warga agar saat ini untuk dapat menggunakan air bersih sebijak mungkin karena kondisi kemarau yang dialami warga. (Bangkapos.com/Jhoni Kurniawan)