Kontingen Bangka Selatan Raih Juara Umum III Pada Ajang POPDA ke-11 Provinsi Kepulauan Babel

Bangka Selatan,investigasi.news-Kontingen Bangka Selatan berhasil meraih juara umum tiga pada ajang Pekan Olahraga Pelajaran Daerah (POPDA) ke-11 Provinsi Kepulauan Bangka Belitung tahun 2022 yang berlangsung di Pangkalpinang 17-23 Juli 2022.

Juara umum tiga diraih kontingen Bangka Selatan setelah berhasil memperoleh 21 mendali dengan rincian 6 medali emas, 6 perak dan 9 perunggu.

Perolehan medali kontingen Bangka Selatan masih kalah dengan Pangkalpinang yang berada di posisi pertama dengan perolehan medali 10 emas, 11 perak dan 10 perunggu. Dan diposisi kedua ditempati Bangka dengan raihan 7 emas, 8 perak dan 9 perunggu.

Sementara diposisi keempat ada Bangka Barat dengan perolehan 5 emas, 3 perak, dan 9 perunggu. Selanjutnya posisi kelima ditempati Bangka Tengah dengan perolehan 5 emas, 1 perak dan 11 perunggu.

Kemudian diposisi keenam dan ketujuh ditempat Belitung Timur dan Belitung. Dimana Belitung Timur berhasil mengumpulkan 3 emas, 5 perak dan 7 perunggu. Sedangkan Belitung yang berada diposisi terakhir hanya mampu memperoleh 1 emas, 3 perak dan 3 perunggu.

Plt. Kepala Dinas Pariwisata Kepemudaan dan Olahraga Bangka Selatan, M.Ikbal melalui Kabid Pora, Evi Sastra mengaku bangga atas prestasi yang ditunjukkan kontingen Bangka Selatan pada POPDA ke-11 Bangka Belitung tahun 2022.

“Alhamdulillah pada POPDA tahun ini kontingen kite berhasil meraih 21 medali dari delapan cabang olahraga yang diikuti dengan rincian 6 medali emas, 6 perak dan 9 perunggu,” kata Evi Sastra, Sabtu malam (23/7/2022).

Lebih rinci, Ia menyebutkan medali yang diraih berasal dari enam cabang olahraga yakni cabang olahraga Silat, Tenis Lapangan, Bulutangkis, Voli, Takraw, dan tinju.

“Untuk cabang olahraga silat menyumbangkan 4 emas, 1 perak, dan 4 perunggu. Tenis Lapangan 2 emas, 3 perak dan 1 perunggu, Bulutangkis 1 perak dan 1 perunggu, Tinju 1 perak dan 1 perunggu, dan dan cabang olahraga voli, takraw masing-masing menyumbangkan 1 perunggu,” ujarnya.

Evi mengatakan, dengan jumlah medali yang diraih, kontingen Bangka Selatan berhasil meraih juara umum tiga mengalahkan Bangka Barat yang berada di posisi keempat.

“Prestasi yang diraih kontingen kita pada POPDA tahun ini memang belum mencapai target yang diharapkan yakni juara umum kedua. Namun, juara umum ketiga merupakan capaian yang sangat luar biasa dan cukup membanggakan, karena pada POPDA tahun 2020 kontingen Bangka Selatan hanya mampu meraih juara umum keempat,” ujarnya.

Perlu diketahui pada ajang POPDA ke-11 Bangka Belitung yang berlangsung di Pangkalpinang, Bangka Selatan mengirimkan sebanyak 128 orang yang terdiri dari, 91 atlet putra dan putri dan 37 official/pelatih dengan 8 cabang olahraga yang diikuti. Zli