Resmikan Poli Klinik RSUD Depati Hamzah, Puan: Negara Harus Hadir Untuk Masalah Kesehatan

PANGKALPINANG, investigasi.news-Ketua DPR RI (Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia) Puan Maharani mengatakan bahwa negara harus hadir di tengah-tengah masyarakat terkait masalah kesehatan. Hal ini sesuai dengan konstitusi setiap warga negara berhak untuk memperoleh layanan kesehatan yang merupakan hak asasi manusia.

Ketua Bidang Politik dan Keamanan DPP PDIP ini pun mengingatkan bahwa bangkitnya perekonomian di suatu negara atau suatu daerah dapat diraih jika kondisi kesehatan di wilayah tersebut mengalami kondisi kesehatan yang baik.

“Sudah menjadi tugas negara untuk hadir. Setelah dua tahun lebih kita hadapi pandemi Covid. Dan ini menjadi persoalan utama. Bagaimana perekonomian mau maju?“ kata Puan saat meresmikan gedung poli klinik rawat jalan UPTD RSUD Depati Hamzah Kota Pangkalpinang, Senin (20/6/2022).

Puan mengingatkan juga pentingnya sarana serta akses kesehatan kepada masyarakat. Adanya RSUD Depati Hamzah yang tidak hanya melayani masyarakat dari Kota Pangkalpinang saja, tetapi juga melayani pasien dari daerah di Pulau Bangka menunjukkan bahwa pemerintah telah berusaha memfasilitasi masyarakat dengan kesehatan yang lebih baik dan mumpuni.

“Awalnya di RSUD ada 13 poli yang terpisah-pisah termasuk pendaftarannya. Sekarang sudah terpadu poli kliniknya dan dilengkapi dokter spesialisnya, ruang bersih, higienis dan tenaga kesehatan yang komplit,” ungkapnya.

Putri mantan presiden Megawati Soekarnoputri ini pun meminta semua pihak untuk mendukung keberadaan RSUD Depati Hamzah ini, termasuk mendukung program-program kesehatan yang telah di canangkan oleh pemerintah, seperti pola hidup bersih dan sehat (PHBS) dan tidak merokok.

“Kalau rumah sakit nya sepi (RSUD-DH) bukan berarti tidak laku ya. Tetapi ini menjadi indikator jika masyarakat (Pangkalpinang) sehat,” pungkas Puan. (Bagja)